., Lindawati (1995) Studi Penggunaan Informasi Akuntansi Dan Korelasinya Dalam Penetapan Implementasi Dan Pengendalian Strateji PT. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
PDF
AK_383_Abstrak.pdf Download (341B) |
Abstract
Badan usaha membutuhkan strateji untuk. dapat mempertahank.an hidup dan mencapai tujuan jangka panjangnya. Penetapan, implementasi, dan pengendalian strateji membutuhkan infonnasi. Menurut Shank, dkk, akuntansi merupakan salah satu informasi yang diperlukan dalarn pemilihan strateji, komunik.asi dan penetapan taktik,. serta pengendaliannya. Melihat kondisi akuntansi di Indonesia yang masih menekankan pada keperluan ekstemal dan kurang memperhatikan kebutuhan manajemen, skripsi ini mencoba mengetahui apakah infonnasi akuntansi digunakan dan bagaimana korelasinya sehubungan dengan penetapan, implementasi, dan pengendalian strateji pada PT "X" di Surabaya. Yang perl1,1 diperhatikan adalah batasan strateji bagi setiap badan usaha tidaklah sama. Hal ini dikemuk.akan oleh Higgins dalarn bukunya Strategic Management: Text and cases, pada. kenyataamya sulit membedakan antara misi, tujuan, dan strateji badan usaha. Infonnasi yang dipakai dalam skripsi ini adalah infonnasi yang dimiliki atau dapat diperoleh PT ''X" dalam kaitannya dengan empat strateji dominan/mayor yang dimilikinya. Data basil kuesioner setelah diolah ditemukan nilai rata-ratanya yang dapat dibandingkan antara informasi akuntansi dan infonnasi lainnya. Dari basil itu diketahui bahwa infonnasi akuntansi sudah menjadi masukan dalam penetapan, implementasi, dan pengendalian strateji. Hal ini diharapkan akan menimbulkan kesadaran .dan kebutuhan akan informasi akuntansi yang kemudian menyebabkan badan usaha mencoba meningkatk.an kualitas infonnasinya, terutama jika badan usaha ingin melakukan proses manajemen stratejik untuk menghasilkan strateji secara obyektif, sistematis, dan logis yang belum dilakukan badan usaha saat ini. Uji korelasi yang dilakukan menghasilkan informasi bahwa tidak ada keterkaitan antara jumlah informasi akuntansi pada. penetapan strateji dengan implementasi maupun pengendaliannya, demikian pula antara jumlah infonnasi ak.untansi pada implementasi dan pengendalian strateji, sehingga disimpulkan bahwa badan usaha tidak dapat membuat perkiraan jumlah infonnasi suatu strateji, melaink.an badan usaha hanya dapat berusaha mengumpulkan infonnasi relevan sebanyak-banyaknya untuk digunakan dalam penetapan, implementasi, dan pengendalian suatu strateji.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Suwardi 193009 |
Date Deposited: | 19 Jun 2014 04:01 |
Last Modified: | 19 Jun 2014 04:01 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17461 |
Actions (login required)
View Item |