Studi Komparatif Struktur Beban Langsung Pada Departemen Makanan Dan Minuman Pada Hotel - Hotel Bintang Tiga Di Surabaya Tahun 1993

Wijaya, Johan (1994) Studi Komparatif Struktur Beban Langsung Pada Departemen Makanan Dan Minuman Pada Hotel - Hotel Bintang Tiga Di Surabaya Tahun 1993. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_274_abstrak.pdf

Download (76Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154397

Abstract

Sebagai salah satu alat penambah devisa di Indonesia maka pertumbuhan hotel-hotel berbintang di Surabaya dalam beberapa tahun terakhir ini sangat pesat. Hal ini akan mengakibatkan tingkat persaingan di antara hotel-hotel tersebut menjadi semakin tinggi. Selain departemen kamar, departemen makanan dan minuman juga merupakan kunci utama dari income suatu hotel. Untuk dapat bersaing secara lebih kompetitif maka pihak manajemen dari masing-masing hotel perlu untuk melaksanakan fungsi manajerialnya secara benar. Untuk dapat melaksanakan fungsi manajerialnya dengan baik maka pihak manajemen hotel perlu untuk memperhatikan informasi yang dihasilkan oleh Akuntansi Manajemen yang ada pada hotelnya. Salah satu informasi yang dapat dihasilkan oleh akuntansi manajemen hotel pada departemen makanan dan minuman adalah informasi yang berkaitan dengan beban-beban langsung yang ada pada departemen makanan dan minuman agar pihak manajemen dapat melaksanakan cost management dengan baik khususnya cost content analysis. Dalam kaitannya dengan standar pelayanan dan fasilitas tertentu yang harus dipenuhi untuk hotel bintang tiga maka timbul pertanyaan : "Apakah struktur beban langsung yang terdapat pada departemen makanan dan minuman hotel bintang tiga di Surabaya sama"?. Yang dimaksud dengan Uniform System of Account for Hotels beban langsung pada departemen makanan dan minuman terdiri atas payroll and related expenses dan other expenses. Untuk menjawab pertanyaan ini maka diajukan suatu hipotesis di mana hipotesis awalnya adalah struktur beban langsung departemen makanan dan minuman pada hotel-hotel bintang tiga di Surabaya tersebut berbeda. Adapun data-data yang diperlukan untuk pengujian hipotesis ini diperoleh melalui angket yang berisikan persentase setiap beban langsung terhadap jumlah beban langsung pada departemen makanan dan minuman, serta tingkat kunjungan yang terjadi pada tahun 1993 dan kapasitas restoran dan bar yang ada pada tahun 1993. Angket tersebut diisi oleh pihak manajemen hotel yang terpilih sebagai sampel. Setelah data-data tersebut diolah kemudian dilakukan CHI SQUARE TEST. Dari basil pengujian itu dapat disimpulkan bahwa struktur beban langsung pada departemen makanan dan minuman pada hotel-hotel bintang tiga di Surabaya pada tahun 1993 adalah tidak sama atau berbeda.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 20 Jun 2014 10:54
Last Modified: 23 Jun 2014 03:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item View Item