Pengelolaan Human Capital untuk Meningkatkan Kualitas Layanan pada Rumah Sakit X di Banjarbaru

Yapari, Anastasia Aristanti (2010) Pengelolaan Human Capital untuk Meningkatkan Kualitas Layanan pada Rumah Sakit X di Banjarbaru. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2770_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2770_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133210

Abstract

Seiring bertambahnya jumlah rumah sakit dan penyedia jasa layanan kesehatan, salah satunya Rumah Sakit “X” di Banjarbaru, membuat manajemen rumah sakit membutuhkan suatu alternatif strategi bisnis lainnya agar dapat bertahan dalam persaingan. Tidak dapat dipungkiri lagi, rumah sakit bukan hanya berfungsi sebagai penyedia layanan jasa saja, namun dapat digunakan sebagai salah satu lahan bisnis. Keberhasilan suatu bisnis selain berhubungan dengan waktu dan kesiapan perusahaan itu sendiri, keberhasilan bisnis tetap berada di tangan individu masing-masing. Cara berpikir, perilaku, tindakan dan gaya kepemimpinan dapat menggaransi keberhasilan bisnis. Human capital disini sebagai salah satu komponen dari Intellectual Capital, memiliki peranan penting dan dapat digunakan sebagai salah satu strategi bisnis untuk mendapatkan keunggulan persaingan di dalam setiap bisnis utamanya. Human capital, bukanlah memposisikan manusia sebagai modal layaknya mesin, sehingga seolah-olah manusia sama dengan mesin, human capital justru bisa membantu pengambil keputusan untuk memfokuskan pembangunan manusia dengan menitikberatkan pada investasi pendidikan (termasuk pelatihan) dalam rangka peningkatan mutu organisasi sebagi bagian pembangunan bangsa. Penanganan SDM sebagai human capital menunjukkan bahwa hasil dari investasi non fisik jauh lebih tinggi dibandingkan investasi berupa pembangunan fisik dan selanjutnya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif strategi bisnis yang dapat mendukung rumah sakit dalam meningkatkan pemberian layanan kesehatan. Untuk lebih memaksimalkan hasil dari pengelolaan human capital maka rumah sakit perlu melakukan evaluasi terhadap kelebihan dan kelemahan dari pengelolaan human capital dengan menggunakan metode pengukuran “intangible assets monitor”. Dengan menggunakan pengukuran tersebut, maka dapat membantu dalam melakukan evaluasi dan mengidentifikasikan mengenai upaya perbaikan dan pengembangan yang dibutuhkan oleh Rumah Sakit “X” di Banjarbaru. Kata kunci : Strategi Bisnis, Layanan Kesehatan, Intellectual Capital, Human Capital, The Intangible Assets Monitor

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan Rumah Sakit, Kepemimpinan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 24 Jun 2014 02:13
Last Modified: 24 Jun 2014 02:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18095

Actions (login required)

View Item View Item