Utami, Syaifelina Suci (2010) Analisis Keberhasilan Corporate Spiritual Training sebagai Personnel Control untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan PT. Jasa Marga (Persero, Tbk.) Cabang Surabaya-Gempol. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_2782_Abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Beberapa tahun belakangan ini spiritualitas menjadi trend yang mana transformasinya tidak hanya pada nilai individu saja namun sudah mencapai tingkat koorporasi/badan usaha atau institusi. Nilai spiritual telah menjadi ruh dari dunia bisnis terutama bagi badan usaha yang ingin mengembangkan usahanya dengan menerapkan pemberdayaan pegawai sebagai manusia seutuhnya dan mengubah fungsi kegiatan operasional yang semula hanya memfokuskan dalam meningkatkan profit saja tetapi juga spiritual yang dimiliki badan usaha yang mana untuk mencapainya melalui berbagai training spiritual, salah satunya dengan training corporate spiritual training. Adanya Corporate Spiritual Training menjadi acuan bagi badan usaha untuk mengontrol pegawai dalam bekerja. Beberapa rekomendasi aplikasi dan metode dalam corporate spiritual training dapat menjadi personnel control bagi badan usaha dalam mendukung dan memudahkan pelaksanaan sistem pengendalian lain yang terdapat dalam badan usaha baik bersifat action control, result control dan cultural control. Selain itu juga membuat pegawai untuk selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa, menyadari bahwa pekerjaan yang dilakukan merupakan ibadah yang harus dilaksanakan dengan baik, sunguh-sungguh sehingga memperoleh hasil sesuai dengan harapan badan usaha, memacu terbentuknya budaya kerja yang bernuansa spiritual kerja yang amanah, kooperatif dan memberi yang terbaik sehingga dapat meningkatkan produktivitas kinerja pegawai. PT. Jasa Marga (Persero, Tbk) Cabang Surabaya-Gempol merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dalam bidang penyelenggara tata pelaksanaan operatif pengumpulan tol yang menerapkan corporate spiritual training sebagai personnel control yang dipergunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun dalam menerapkan metode tersebut badan usaha mengalami banyak kendala yang harus dihadapi agar dapat diterapkan dalam kegiatan operasional badan usaha, dikarenakan membutuhkan waktu yang lama untuk menanamkan pemahaman tersebut agar pegawai dapat memahami dan melaksanakannya. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan Corporate Spiritual Training dalam PT. Jasa Marga (Persero, Tbk) Cabang Surabaya-Gempol maka badan usaha harus melaksanakan beberapa metode dan aplikasi yang telah direkomendasikan secara terus menerus.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Spiritual Training, Personnel Control, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Lasi 193031 |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 03:46 |
Last Modified: | 24 Jun 2014 03:46 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18118 |
Actions (login required)
View Item |