Tantowijaya, Ninik Yulianna (1994) Studi Keterikatan Perubahan Sales Activity, Perubahan Price Recovery Dan Perubahan Productivity Terhadap Perubahan Laba Pada PT. XYZ Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_279_Abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan perekonomian dewasa ini menunjukkan suatu gejala yang baik dengan makin meningkatnya jumlah usaha yang dilakukan oleh berbagai badan usaha yang berorientasi internasional. Kegiatan ini tentunya membawa konsekuensi-konsekuensi antara lain makin ketatnya persaingan yang dihadapi oleh badan usaha baik di dalam maupun di luar negeri dan ini berarti bahwa masing-masing badan usaha tersebut dituntut untuk tetap bertahan dan bila memungkinkan dapat memenangkan persaingan. Untuk dapat memenangkan persaingan, masing-masing badan usaha harus mempunyai strategi dan kemampuan yang maksimal untuk mencapai tujuannya yaitu memperoleh pertumbuhan laba secara efektif dan efisien dimana perhitungannya tidak difokuskan pada jumlah labanya saja tetapi juga harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan perubahan laba dari periode ke periode. Faktor-faktor tersebut berupa peningkatan kegiatan perubahan unit yang terjual dan promosi yang tepat untuk bauran penjualan produknya di negara-negara yang potensial (disebut juga perubahan Sales Activity); peningkatan selisih harga-harga jual dengan biaya-biaya yang dikonsumsi yang selalu berubah (disebut juga perubahan Price Recovery); dan peningkatan keefisienan perubahan penggunaan sumber daya input yang utama dalarn memproduksi output (atau perubahan Productivity). Kesemua faktor-faktor ini harus menjadi titik tolak perhatian yang penting bagi badan usaha, karena faktor-faktor tersebut memberikan sumbangan yang cukup besar bagi perubahan laba dalam badan usaha. Selanjutnya dari hasil evaluasi dapat dilakukan perencanaan untuk peningkatan masing-masing perubahannya. Sejalan dengan itu, dengan berkembangnya akuntansi manajemen maka informasi-informasi tersebut dapat digunakan sebagai masukan yang berarti berkaitan dengan pemberian informasi akuntansi terhadap pihak manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara faktor-faktor perubahan Sales Activity, perubahan Price Recovery dan perubahan Productivity terhadap perubahan laba yang terjadi dan seberapa besar hubungan tersebut disamping itu juga untuk mengetahui bagaimana penerapan teori yang telah didapatkan selama kuliah dalam praktik sesungguhnya. Untuk mengujinya maka digunakan beberapa metode statistik yaitu pengujian hipotesis, pengujian korelasi, pengujian regresi linear berganda dan analisis data berkala yang digunakan untuk mengetahui bagaimana trend perkembangan dari masing-masing peubah tersebut. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, maka diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan cukup kuat antara perubahan Sales Activity, perubahan Price Recovery dan perubahan Productivity terhadap perubahan laba. Sedangkan untuk analisi data berkala, maka diketahui trend untuk perubahan Sales Activity, perubahan Price Recovery, perubahan Productivity dan perubahan laba cenderung mengalami kenaikan. Kenaikan ini menunjukkan hasil yang baik untuk masing-masing perkembangan semua peubah yang terjadi dalam badan usaha.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Lasi 193031 |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:31 |
Last Modified: | 24 Jun 2014 04:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18129 |
Actions (login required)
View Item |