Fatmawati, Ipa (2004) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Guru Terhadap Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kedisiplinan Guru. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_158_Abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, guru merupakan komponen yang ikut bertanggung jawab untuk tercapainya tujuan pendidikan secara efektif, sehingga guru bisa ikut dalam menentukan kebijaksanaan kependidikan di kelas atau di sekolah. Dengan tuntutan tugas yang ada terhadap guru, dibutuhkan sikap disiplin, yaitu kesediaan guru berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan serta melaksanakan dan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikan sehari-hari, tetapi tidak semua guru bisa mematuhi peraturan yang berlaku. Ada beberapa guru yang disiplinnya kurang, antara lain malas berangkat kerja, tidak pemah menghabiskan waktu disekolah hila jam mengajar berakhir dan terkadang lupa untuk mengisi daftar hadir guru. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan disiplin, perlu adanya suatu bentuk pengawasan yang intensif. Salah satu bentuknya dapat dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan di sekolah, kepala sekolah mempunyai peranan yang dominan diantaranya mempengaruhi, mengkoordinasi, membimbing, mengarahkan serta mengawasi semua personel yang ada di sekolah. Kepala sekolah yang mempunyai kualitas kepemimpinan yang baik sangat membawa dampak positif terhadap kedisiplinan guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup, angket terbuka, dan wawancara. Angket tertutup dari persepsi guru terhadap kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan guru diungkap dengan menggunakan Skala Likert. Subyek penelitian adalah semua guru di SMU "X" di NTB, dengan teknik pengambilan sample Total Population Study. Teknik analisis data adalah Korelasi Product Moment. Hasil analisa data dengan Korelasi Product Moment, didapatkan hasil r 0,415 dengan p 0,001 (p 0,05). Hasil tersebut dinyatakan signifikan, yang berarti bahwa ada pengaruh kualitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan guru. Saran untuk guru agar lebih bisa mentaati peraturan sekolah yang sudah ditetapkan, dan bagi kepala sekolah untuk lebih bisa berkomunikasi dengan bawahan serta bisa lebih adil pada semua bawahan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 07:31 |
Last Modified: | 21 Aug 2014 04:26 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18238 |
Actions (login required)
View Item |