Belajar dari Permainan : Studi tentang Konstruksi Pemaknaan dan Kesadaran Permainan sebagai Media Belajar dalam Outward Bound Training

Prabowo, Laurensius Agung (2004) Belajar dari Permainan : Studi tentang Konstruksi Pemaknaan dan Kesadaran Permainan sebagai Media Belajar dalam Outward Bound Training. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_127_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_127_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152066

Abstract

Neill & Dias (dalam Dale Lefevre, 1988) berpendapat bahwa melalui permainan dapat membantu orang untuk lebih kritis menyikapi lingkungan sosialnya untuk berkembang. Begitu pula dengan Witman (1995), dari penelitiannya, menemukan bahwa permainan dapat membantu orang secara nyata untuk peduli terhadap diri dan kelompoknya. Permainan yang dimaksukan dalam penelitian ini adalah infinite games, yakni permainan menjadi media mencapai proses belajar yang berkelanjutan dalam outward bound training. Penelitian ini menggunakan pendekatan multjmetode yakni kualitatif dan kuantitatif. Pilihan metode didasari oleh konstruksi pemikiran bahwa permainan dilihat secara panoramic, yakni melihat seluruh komponen yang berperan dalam permainan, baik fasilitator dan peserta. Temuan penelitian ini mengabarkan tentang konstruksi kesadaran dan pemaknaan permainan sebagai media belajar. Dikaji pula peran dan fungsi fasilitator dalam memediasi permainan sebagai proses pembelajaran dinamis.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Permainan, outward bound training, pengalaman, pemaknaan, kesadaran.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 24 Jun 2014 07:39
Last Modified: 24 Jun 2014 07:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18244

Actions (login required)

View Item View Item