Hubungan Antara Kemampuan Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kadet AAL

Yustedjo, Dian Avianti (2005) Hubungan Antara Kemampuan Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kadet AAL. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_203_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_203_Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151942

Abstract

Sistem pendidikan yang dilaksanakan dalam kependidikan Kadet AAL sudah terprogram secara sistematis, selama masa pendidikan kegiatan harian sejak mulai masuk. Tingginya rentang kegiatan dan berbagai latihan-latihan pembentukan mental intelektualitas dalam keseharian telah diatur secara tertib sejak mulai bangun pagi sepert~ olah raga senam pagi, makan pagi, apel kerja pagi, pelajaran dan 1atihan, apel siang, makan siang dan kegiatan ibadah, pelajaran atau pengasuhan, kegiatan ibadah, makan malam dan kegiatan ibadah, belajar mandiri. Dalam kaitan rentannya kegiatan di AAL menunjukkan peran pentingnya manajemen waktu guna pencapaian program belajar baik secara akademis maupun profesi serta untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia pada TNI. Para siswa Kadet TNI AL yang sedang menjalani studi perlu memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik agar perjalanan studinya tidak terhambat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kadet Angkatan Laut Litting 52 tahun ajaran 2003/2004 pada Akademi Angkatan Laut (AAL) yang berjumlah 200 siswa. Subjek penelitian dipilihkan oleh pihak AAL sebanyak 35 subjek. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Dalam pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regres~ diperoleh hasil F hitung sebesar 14,639 dengan p= 0,001 (< 0,01). Sedangkan besarnya koefisien determinasi yaitu R square sebesar 0,307 yang mempunyai makna bahwa kemampuan manajemen waktu mampu menjelaskan dan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 30, '70/o, yang berarti masih ada variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar selain kemampuan manajemen waktu yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini. Hal ini berarti menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara kemampuan manajemen waktu dengan prestasi belajar. Makin baik kemampuan manajemen waktu maka akan makin tinggi prestasi belajar para siswa. Dengan demikian bagi Kadet diharapkan dapat lebih mempertahankan kemampuan manajemen waktu yang sudah baik dan untuk Lembaga AAL diharapkan dapat menyeimbangkan antara kegiatan akademik dengan waktu luang Kadet selama di AAL.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: kemampuan manajemen waktu, prestasi belajar Kadet AAL
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 24 Jun 2014 08:08
Last Modified: 24 Jun 2014 08:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item View Item