Perbaikan Metode Dan Peralatan Kerja Dengan Pendekatan Ergonomi Di Industri Petis Udang "Pattimura"

Hartono, Markus and Sritomo, Wignjosoebroto and ., Melinda (2003) Perbaikan Metode Dan Peralatan Kerja Dengan Pendekatan Ergonomi Di Industri Petis Udang "Pattimura". In: Proceedings 2nd National Industrial Engineering Conference. Industrial Engineering in a competitive and borderless world : Success through Business system integration, 9-11 Oktober 2003, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
Hartono_Perbaikan_abstrak_2003.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img] PDF
Hartono_Perbaikan-2003.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (285Kb)

Abstract

Perusahaan petis udang "Pattimura" Kediri adalah sebuah home industri yang dalam proses produksinya masih memakai sistem manual. Perusahaan ini memproduksi petis udang, dimana produksi ini dilakukan berdasarkan permintaan konsumen dan untuk dijual sendiri. Perusahaan ini masih dalam tahap berkembang, artinya perusahaan ini masih perlu mengadakan perbaikan aktivitas aktivitas kerja yang masih dilakukan secara manual. Salah satu sistem dan peralatan kerjanya yang masih belum ergonomis di dalam sistem produksinya adalah bagian penyaringan bahan baku petis,yaitu terasi. Peralatan yang dipakai pada bagian penyaringan ini dikatakan belum ergonomis karenadalam pengoperasiannya pekerja melakukan pekerjaan tersebut dalam posisi tubuh membungkuk karena pekerja harus selalu memegang dan membetulkan posisi saringan agar tidak jauh karena selalu bergeser, dan juga pekerja melakukannya dengan menopangkan tangannya pada tungku wajan penampung. Posisi yang demikian menyebabkan pekerja merasa tidak nyaman dalam bekerja sehingga dapat menurunkan performance dan produktifitas kerja. Untuk mengurangi rasa lelah, sakit dan lamanya proses produksi, maka diperlukan suatu perbaikan. Langkah awal yang ditempuh adalah melakukan pengumpulan data data yang relevan dengan melakukan wawancara, pengamatan langsung, pengukuran dan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang disebarkan bertujuan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pekerja bagian penyaringan akan adanya suatu alat saring baru, kuesioner body map untuk mengetahui tingkat rasa sakit yang dialami pekerja berdasarkan pengalamannya bekerja selama ini. selain itu dilakuknn analisis REBA untuk mengetahui resiko cidera pada bagian tubuh tertentu dari bekeria, sehingga dari hasil analisis tersebut dapat diketahui perlu tidaknya diambil tindakan perbaikan. Pengumpulan data antropometri pekerja untuk perancangan fasilitas baru yang ergonomis. Data lain yang dikumpuikan adalah data ukuran fasilitas kerja awal. denyut nadi, konsumsi energi, dan waktu standar proses penyaringan. Hasil dari data pengamatan waktu kerja, denyut nadi dan konsumsi energi pada kondisi awal akan dibandingkan dengan kondisi usulan. Hasil dari perbaikan tersebut adalah terjadinya penurunan jumlah kelelahan pada bagian tubuh sebesar 70%. dengan analisis REBA resiko cidera tinggi berubah menjadi sedang, sehingga perbaikan dilakukan jika dianggap perlu. Dengan perancangan alat saring yang baru terjadi perbedann denyut nadi antara kondisi awal dengan akhir. Konsumsi energi awal pekerja saat menggunakan alat yang ada adalah 37.301 k.kal/ siklus kerja dan berubah menjadi 21.932 k.kal/siklus keja. Selain itu terjadi penurunan waktu standar sebesar 30.77% dan kenaikan output standar sebesar 30%

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kuesioner body map, data anthropometri, analisis REBA, denyut nadi, konsumsi energi,waktu standar.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 09 Mar 2012 08:05
Last Modified: 19 Apr 2012 06:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item