Pengukuran Produktivitas dengan Metode Oregon Productivity Matrix (OPM) di PT. Mitra Kemas Packindo - Surabaya

Handrianto S., Bambang (2012) Pengukuran Produktivitas dengan Metode Oregon Productivity Matrix (OPM) di PT. Mitra Kemas Packindo - Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_3544_Abstrak.pdf

Download (44Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/228656

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan industri terus berkembang sehingga persaingan yang terjadi di dunia industri pun semakin ketat. Produktivitas merupakan ukuran penting dalam menghadapi persaingan yang ketat sekarang ini, dan perusahaan dituntut untuk menjadi semakin berkembang dengan melakukan perbaikan-perbaikan sehingga dapat meningkatkan keunggulan dalam bersaing. PT Mitra Kemas Packindo merupakan perusahaan kardus yang memproduksi kardus untuk perusahaan-perusahaan. PT Mitra Kemas Packindo berdiri pada tahun 2007 yang terletak di pergudangan Osowilangon Permai C-2. Meskipun sudah lama beroperasi, perusahaan belum pernah melakukan pengukuran produktivitas, padahal untuk dapat tetap bertahan di persaingan industri yang ketat ini diperlukan pengukuran untuk mengetahui tingkat produktivitas perusahaan agar dapat dilakukan perbaikan secara berkala. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengukur tingkat produktivitas perusahaan dengan menggunakan metode Oregon Productivity Matrix. Setelah dilakukan pengukuran diketahui tingkat produktivitas berkisar antara 0 hingga 10 dan tingkat produktivitas tertinggi dicapai pada periode 8 dengan nilai 8,412, sedangkan tingkat produktivitas terendah terjadi pada periode 6 dengan nilai 6,058, dengan periode pengukuran mingguan. Kriteria yang dipakai dalam pengukuran produktivitas, antara lain rasio penjualan produk, rasio keterlambatan pengiriman, rasio retur produk, rasio kecepatan penanganan complain, rasio absensi, rasio produk cacat, rasio karyawan keluar dari perusahaan, rasio order bahan baku terlambat dan rasio penolakan bahan baku. Setelah diolah datanya maka didapatkan 3 rasio yang harus dilakukan perbaikan yaitu rasio penjualan produk, rasio keterlambatan pengiriman dan rasio order bahan baku terlambat, kemudian dicari penyebabnya dan didapatkan usulan mengikutkan seminar marketing, memperbaiki keterlambatan kirim, melakukan koordinasi dengan pihak internal dalam menetapkan batas janji kirim, memberi tanda pada karet cetak, meningkatkan order pada tiap customer, menambah supplier baru dan mengingatkan supplier 2 hari sebelum tanggal due date.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Oregon Productivity Matrix, Pairwise Comparison, SWOT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 26 Jun 2014 07:27
Last Modified: 02 Jul 2014 07:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18594

Actions (login required)

View Item View Item