SISWANTO, RUDY (2012) Pengukuran Kinerja dengan Menggunakan Social Enterprise Balanced Scorecard di SMK Bima Bojonegoro. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_3546_Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
SMK BIMA merupakan sekolah menengah kejuruan yang memiliki 2 jurusan, yakni rekayasa perangkat lunak dan perbankan. Selama ini pengukuran kinerja yang digunakan olehsekolah masih terbatas pada melihat jumlah siswa yang lulus saja, hal inilah yang menjadi permasalahan yaitu apakah sekolah tetap dapat bertahan di tengah persaingan, dengan hanya memfokuskan pengukuran kinerjadengan melihat dari jumlah siswa yang lulus, karena pada pengukuran kinerja yang sebenarnya dibutuhkan beberapa perspektif. Oleh karena itu diperlukan pengukuran kinerja yang mencakup seluruh aspek sekolah. Pengukuran kinerja dengan metode Social Enterprise Balanced Scorecard dapat memenuhi kebutuhan ekolah. Pengukuran ini diawali dengan menentukan visi, misi dan strategisekolah. Strategisekolah dirumuskan berdasarkan analisis SWOT. Pada perspektif finansial,SMK BIMA menggunakan tolok ukur Jumlah donatur. Pada perspektif resources, tolok ukur yang digunakan yaitu Jumlah SDM yang direkrut, Jumlah guru absen, dan Jumlah pelatihan. Pada perspektif proses bisnis internal, tolok ukur yang digunakan yakni Jumlah promosi yang dilakukan, Persentase siswa lulus, Jumlah extrakurikuler, Jumlah pertandingan yang dimenangkan, Jumlah komplain, dan Jumlah fasilitas dan sarana baru. Pada perspektif Stake holder adalah jumlah siswa yang mendaftar, jumlah pihak yang bekerjasama, dan jumlah kunjungan ke SMP. Dari hasil pengukuran kinerja empat perspektif Social Enterprise Balanced Scorecard, diperoleh kinerja masing-masing perspektif selamaduaperiode yakni tahun 2009 dan 2010. Kinerja keseluruhan dari SMK BIMA pada periode 1 adalah 2,736 dan pada periode 2 adalah3,793. Hasil nilai kinerja sekolah ini menggunakan range skor 1-5, dengan arti nilai satu adalah kinerja sekolah sangat tidak baik sampai dengan nilai lima adalah kinerja sekolah sangat baik. Kinerja sekolah pada periode 2 memilki hasil yang tertinggi karena pada periode ini sekolah mulai melakukan perkembangan ke arah yang lebih baik, sebagai salah satu bukti nyata adalah adanya jurusan baru yang dibuka, yaitujurusan bisnis dan manajemen. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja maka diketahui kondisi kinerja sekolah selama dua periode pada tahun 2009 dan 2010. Maka langkah selanjutnya ditetapkan inisiatif perbaikan terhadap tolok ukur yang dianggap perlu untuk mendapat perbaikan. Penentuan indikator yang perlu mendapat perbaikan dilakukan dengan cara analisis kuadran. Indikator yang akan dilakukan usulan perbaikan adalah indikator yang terletak pada kuadran 1 (skor rendah namun bobot tinggi), yaituindikator Jumlah donatur.Setelah mengetahui indikator yang bermasalah maka langkah selanjutnya adalah menganalisis penyebab-penyebab dari masalah yang terjadi melalui analisis diagram Ishikawa. Setelah diketahui penyebab-penyebab nya maka langkah selanjutnya adalah menentukan perbaikan sertaaction plan. Beberapaaction planusulan yang diajukan untuk SMK BIMA adalah mengikuti berbagai perlomnbaan, membuat list perusahaan yang terbuka untuk kerjasama dan mengirimkan proposal kerjasama. Penampilan hasil kinerja sekolah direperesentasikan oleh dashboardSEBC yang berisi KPI yang dianggap penting. Berdasarkan beberapa pertimbangan maka KPI yang akan ditampilkan pada dashboard SEBC adalahJumlahtraining, Jumlah donator, Jumlah siswa baru, Jumlah jam kosong, Jumlah SDM yang direkrut, Persentase siswa lulus, dan Jumlah fasilitas dan sarana baru.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Enterprise Balanced Scorrecard, Analisis SWOT, Dashboard |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 07:48 |
Last Modified: | 26 Jun 2014 07:48 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18598 |
Actions (login required)
View Item |