Peningkatan Efektifitas Retail Communication Mix Melalui Katalog Pada Website Terhadap Hypermarket Di Surabaya

ARDIJANTO, ROBBY (2011) Peningkatan Efektifitas Retail Communication Mix Melalui Katalog Pada Website Terhadap Hypermarket Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_3509_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_3509_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227261

Abstract

Katalog pada website merupakan salah satu bentuk alat promosi yang digunakan oleh hypermarket untuk mengkomunikasikan produk kepada masyarakat. Setiap periode tertentu, hypermarket harus meng-update informasi yang terdapat di katalog pada website agar sesuai dengan promosi yang sedang dilakukan. Agar dana yang dikeluarkan tidak terbuang secara sia – sia, maka harus diupayakan alat promosi tersebut harus benar – benar efektif. Pembuatan Tugas Akhir ini adalah untuk meneliti efektivitas katalog pada website sebagai alat promosi hypermarket. Efektivitas katalog pada website diukur melalui atribut pengukur (Shimp, 2003) dan jurnal Hernandez et. al (2009), seperti pengakuan dan daya ingat, reaksi emosional, pengaruh persuasif, respon penjualan, personalisasi, satisfaction, brand equity, dan feedback. Penelitian akan dilakuakan terhadap katalog Carrefour dan Hypermart yang terdapat pada website di Surabaya. Jumlah kuesioner yang disebarkan sebanyak 200 buah dengan menggunakan metode purposive sampling. Kuesioner tersebut berisikan mengenai pertanyaan profil responden, tingkah laku responden, pertanyaan efektivitas, dan pertanyaan likert mengenai tingkat kepuasan dan kepentingan akan katalog pada website. Metode pengambilan data yang dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Data – data yang sudah terkumpul diolah untuk dapat melakukan analisis efektivitas katalog pada website. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Uji Proporsi dan Chi-Square. Uji proporsi digunakan untuk mengetahui apakah katalog Carrefour dan Hypermart pada website sudah efektif. Sementara itu, Uji Chi-Square digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan katalog Carrefour dan Hypermart pada website. Hasil analisis menunjukkan bahwa katalog Carrefour pada website (mean = 75,60%) lebih efektif daripada milik Hypermart (mean = 73,80%), jika dilihat secara deskriptif. Selanjutnya, analisis yang dilakukan ada pemodelan dengan menggunakan Structural Equation Modelling. Hal ini berguna untuk mengetahui dimensi katalog pada website yang mempengaruhi minat beli responden untuk membeli barang. Dari hasil pemodelan SEM katalog Carrefour pada website diketahui jika dimensi yang signifikan adalah keakuratan, sedangkan untuk katalog Hypermart pada website, dimensi yang paling berpengaruh adalah keakuratan, desain dan navigasi. Atribut katalog Carrefour pada website yang paling berpengearuh terhadap dimensi Keakuratan adalah keakuratan harga (standardize = 0,713), sedangkan atribut yang paling berpengaruh terhadap dimensi desain katalog pada Hypermart secara berurutan adalah kejelasan tulisan (standardize = 0,919), dan kesesuaian produk yang terdapat di katalog pada website dengan realita (standardize = 0,809). Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis kuadran yang berfungsi untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh media periklanan yang dipakai. Atribut katalog Carrefour pada website yang terletak di kuadran II adalah keakuratan harga, kesesuaian produk yang terdapat di katalog pada website dengan realita dan informasi periode promosi, sedangkan atribut milik Hypermart yang terletak di kuadran II adalah update informasi, kemudahan navigasi, keakuratan harga dan kesesuaian produk yang terdapat di katalog pada website dengan realita. Perancangan strategi perbaikan untuk katalog pada website dilakukan untuk atribut – atribut yang terletak di kuadran II pada analisis kuadran dan atribut yang mempengaruhi minat beli yang terdapat di pemodelan SEM (Structural Equation Modelling). Dengan adanya usulan perbaikan maka diharapkan perusahaan dapat menarik minat beli konsumen untuk mempertahankan konsumennya di tengah persaingan yang ketat. Perbaikan yang dapat dilakukan oleh pihak Carrefour adalah memperbaiki kualitas dari katalog pada website tanpa memperlambat navigasi katalog pada website, sedangkan perbaikan yang dapat dilakukan oleh pihak Hypermart adalah memisahkan website Hypermart dengan website Matahari sehingga responden lebih mudah untuk masuk kedalam website Hypermart

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Retail Communication Mix, Hypermarket, Strutural Equation Modelling ( SEM )
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 27 Jun 2014 09:43
Last Modified: 27 Jun 2014 09:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18796

Actions (login required)

View Item View Item