Perancangan Strategi Pemasaran Shuttlecock Merek Sas di UD. Surya Abadi Sport, Surabaya

Soenyoto, Dany Prananta (2012) Perancangan Strategi Pemasaran Shuttlecock Merek Sas di UD. Surya Abadi Sport, Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_3524_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_3524_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227761

Abstract

Melihat keadaan yang cepat berubah dalam era globalisasi, maka perusahaan harus melakukan perbaikan-perbaikan dalam sistem manajemen perusahaan. Salah satunya adalah dengan melakukan perbaikan pada manajemen pemasaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Hal ini lah yang coba dilakukan oleh UD.Surya Abadi Sport pada shettlecock merek SAS yang selama ini hanya dipasarkan untuk pasar Indonesia Timur, sekarang mencoba untuk dapat masuk ke pasar Surabaya. Oleh karena itu maka perlu dirancang suatu strategi pemasaran yang dapat membantu produk baru tersebut dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas. Penelitian ini dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan studi kepustakaan, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling kepada 100 responden yang merupakan para pemain bulutangkis di Surabaya. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yakni analisis deskriptif, cluster, diskriminan, crosstab, manova, kuadran, correspondence analysis dan analisis SWOT. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengetahui profil dan perilaku konsumen pemain bulutangkis di Surabaya. Selanjutnya dilakukan pengelompokkan responden menggunakan analisis cluster berdasarkan jawaban mereka pada tingkat kepentingan atribut shuttlecock. Didapatkan dua kelompok responden yaitu kelompok konsumen core product dan konsumen product plus dengan karakteristik yang berbeda dalam proses pemilihan shuttlecock yang mereka gunakan. Analisis crosstab menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya ketergantungan antara kelompok responden dengan variabel usia, pekerjaan, pendidikan terakhir, seberapa sering bermain dalam satu bulan, harga yang untuk 1 slop shuttecock dan sumber informasi shuttlecock yang digunakan sekarang. Pada analisis manova didapatkan hasil bahwa bahwa tidak ada perbedaan tingkat kepuasan produk saat mencoba produk shuttlecock merek SAS antara kelompok konsumen actual product dan product plus. Analisis kuadran dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja produk saat responden mencoba produk SAS yang ditinjau dari variabel tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan atribut pada produk. Selanjutnya dilakukan correspondencce analysis untuk mengetahui posisi produk di mata responden dibandingkan dengan kompetitor. Berdasarkan kedua analisis tersebut dilakukan analisis SWOT untuk dapat merencanakan strategi pemasaran apa yang tepat bagi perusahaan dilihat dari kelebihan, kekurangan, kesempatan dan masalah yang dihadapi. Berdasarkan data yang didapatkan nilai purchase probability sebesar 0,27 yang tergolong tinggi terhadap produk SAS. Berdasarkan analisis-analisis yang telah dilakukan maka dilakukan perancangan strategi pemasaran dengan menggunakan STPD (Segmentation, Targetting, Positioning, dan Differentation) dan 4 dimensi bauran pemasaran yaitu product: memperbaiki kualitas produk dan menambahkan informasi produk pada kemasan; price: dilakukan perbaikan dengan penetapan harga berdasarkan persaingan; place: melakukan kerja sama dengan lapangan bulutangkis agar dapat menitipkan produk SAS pada lapangan serta membangun jaringan distribusi yang kuat di daerah Surabaya melalui toko olah raga; promotion: diusulkan perusahaan memasang alat promosi pada beberapa lapangan bulutangkis yang ada di Surabaya serta menjadi sponsor event bulutangkis yang diadakan institusi pendidikan dengan pelajar/mahasiswa sebagai target utama. Selain itu juga diadakan event pertandingan rutin dalam kurun waktu tertentu bagi para konsumen pengguna produk shuttlecock merek SAS.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Shuttlecock, perancangan strategi pemasaran, correpondence analysis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 28 Jun 2014 03:00
Last Modified: 02 Jul 2014 07:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18822

Actions (login required)

View Item View Item