Perbedaan Kualitas Produk Televisi Berwarna 14 Inci Antara Merek Goldstar Dan Digitec/Okei Di Blitar

Megawati, Nge Lilies (1997) Perbedaan Kualitas Produk Televisi Berwarna 14 Inci Antara Merek Goldstar Dan Digitec/Okei Di Blitar. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_2449_Abstrak.pdf

Download (207Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/145539

Abstract

Dalam era informasi dan kemajuan teknologi yang berkembang kian pesat, khususnya kemajuan teknologi dibidang infonnasi dan hiburan, serta adanya kecenderungan meningkatnya tingkat pendapatan masyarakat yang dapat merubah pola dan cara hidup dari masyarakat itu sendiri; salah satunya untuk memperoleh infonnasi adalah media televisi. Sehubungan dengan gejala kemajuan teknologi dan kecenderungan permintaan produk televisi dapat dikatakan bahwa usaha dibidang pemasaran pertelevisian mempunyai peluang yang cukup besar, karena penjualannya cenderung mengalami kenaikan khususnya untuk televisi berwarna 14 inci dengan merek Goldstar dan merek Digitec/Okei. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat konsumen didaerah Kabupaten dan Kotamadya Blitar mengenai perbedaan kualitas produk televisi berwarna 14 inci antara merek Goldstar dan merek Digitec/Okei ditinjau dari atribut produk yaitu dari segi mutu (yang berbicara mengenai ketahan·lamaan, kehadiran teknisi setiap minggu memenuhi janji sesuai garansi, dan komponen yang mudah didapat), ciri (berbicara mengenai suara dan fasilitas yang ditawarkan), corak dan gaya (yang banyak berbicara mengenai model/bentuk fisik daripada televisi), kemasan dan label, serta merek.Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah konklusif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara spesifik dan mempunyai tujuan yang jelas serta hasil yang secara nyata dapat memberikan informasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah rata-rata dan deviasi standar, sedangkan rancangan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik yaitu uji t. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling. Pada penelitian ilmiah ini digunakan instrumen pengukuran Monopolar Adjective scale dengan aras pengukuran interval, dimana responden diminta untuk memberi penilaian pada serangkaian pertanyaan yang diukur dalam tujuh skala. Waktu yang dibutuhkan dalam penelitian ilmiah ini kurang lebih enam bulan, dimulai pada pertengahan bulan Juni 1997 sampai awal bulan Desember 1997. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kualitas produk secara total yang ditinjau dari segi atribut produk terdapat perbedaan kualitas produk televisi berwarna 14 inci antara merek Goldstar dan merek Digitec/Okei. Dalam hal ini, hipotesis kerja yang menyatakan bahwa : Diduga ada perbedaan kualitas produk televisi berwarna 14 inci yang ditinjau dari segi atribut produk antara merek Goldstar dan merek Digitec/Okei di Blitar, terbukti.Obyek penelitian yang dipilih adalah televisi berwarna 14 inci merek Goldstar yang di produksi oleh PT LG Astra Electronics dan di distribusikan oleh PT Graha Kartika Kencana dan televisi berwarna 14 inci merek Digitec/Okei yang di produksi oleh PT Hartono Istana Elektronics. Wawancara dan kuesioner yang digunakan untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap kualitas produk disebarkan pada responden yang tinggal di daerah Kabupaten dan Kotamadya Blitar. Apabila ditinjau dari segi atribut produk secara keselurahan temyata terdapat perbedaan kualitas produk televisi berwama 14 inci antara merek Goldstar dan merek Digitec/okei, baik itu dari segi mutu (ketahan-lamaan produk, kehadiran teknisi setiap minggu sesuai garansi dan komponen yang mudah didapat), ciri (berbicara mengenai suara dan fasilitas yang ditawarkan), corak dan gaya (dalam artian model/bentuk fisik daripada televisi), serta merek yang sering didengar dan mudah untuk diingat. Tetapi untuk atribut produk khususnya berbicara mengenai kemasan dan label, hasil penelitian yang didapat menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan kual itas produk dari kedua merek tersebut, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa atribut produk khususnya kemasan dan label tidak bermakna. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa temyata terdapat perbedaan kualitas produk televisi berwarna 14 inci ditinjau dari segi atribut produk antara merek Goldstar dan merek Digitec/Okei di Blitar.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 30 Jun 2014 01:56
Last Modified: 30 Jun 2014 01:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18837

Actions (login required)

View Item View Item