Studi Kelayakan Pendirian Usaha Futsal dan Strategi Bersaingnya Di Kota Sampit, Kalimatan Tengah

KUSMARYADI, RIDHO (2012) Studi Kelayakan Pendirian Usaha Futsal dan Strategi Bersaingnya Di Kota Sampit, Kalimatan Tengah. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_3578_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_3578_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230082

Abstract

Seperti yang diketahui bersama, bisnis jasa penyewaan lapangan futsal sekarang sedang booming. Di Sampit, banyak laki-laki yang menggemari bola dan melampiaskan kegemarannya tersebut dengan bermain futsal di gang-gang kecil, halaman sekolah, hingga di tanah-tanah yang kosong. Respon yang sangat baik tersebut dijadikan peluang usaha oleh investor-investor Sampit untuk mendirikan usaha penyewaan lapangan futsal, mulai dari yang pertama adalah Futsal 79, Pelita Futsal, dan CFC Futsal. Namun dari ketiga penyewaan lapangan yang tersedia saat ini sama sekali belum memenuhi permintaan dan memuaskan konsumen. Itu dikarenakan sarana, fasilitas dan kualitas yang diberikan tidak sebanding dengan harga yang telah dikeluarkan oleh konsumen untuk menyewa lapangan. Selain itu susahnya menyewa lapangan futsal dengan jam yang diinginkan karena sudah terisi atau terisi penuh pada hari itu, sehingga harus dari jauh hari memesan lapangan tersebut agar dapat bermain, adanya peluang usaha ini perlu solusi untuk mengatasinya, yaitu dengan membuat studi kelayakan penyewaan lapangan futsal yang berorientasi pada keinginan dan kebutuhan konsumen beserta fasilitas penunjangnya. Pada aspek pasar diketahui bahwa pendirian usaha futsal baru di Sampit memiliki peluang pasar besar yaitu 59% dengan consumer loyalty terhadap pesaing hanya 41% dengan minat resdponden 90% datang ke futsal baru dengan persyaratan sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain itu juga dilakukan perhitungan pasar potensial, pasar potensial efektif, dan permintaaan efektif yang berdasarkan perhitungan dapat mendukung kuisioner bahwa permintaan cukup besar dan meningkat tiap tahunnya, yaitu sebesar 4.410 orang datang pada tahun pertama meningkat hingga 5.292 orang datang pada akhir horison perencanaan yaitu pada tahun 2019. Selain itu dilakukan analisis pesaing dengan Matrix SWOT, strategi pemasaran meliputi segmentation, targeting, positioning, and differentitaion serta marketing mix untuk memenuhi kepuasan konsumen serta mempertahankan konsumen untuk loyal kepada perusahaan. Pada aspek teknis dilakukan perhitungan kapasitas gedung dan parkir sebesar 5.880 orang dapat ditampung dalam satu tahun, dan kapasitas parkir yang disiapkan sebanyak 84 motor dan 12 mobil dalam satu siklus bermain futsal. Selain itu dibuat empat lapangan yaitu dua lapangan paarkit yang mayoritas tertinggi dipilih konsumen sebesar 30% dan dua lapangan berjenis semen untuk outdoor yang sangat berguna untuk event Futsal sesuai keinginan responden. Pada aspek manajemen dibahas mengenai kepemilikan/sumber pendanaan, struktur organisasi, jumlah karyawan, serta job description and job spesification. Usaha futsal baru ini milik perorangan dengan berbadan usaha CVdengan modal sepenuhnya milik pribadi. Struktur organisasi yang dibuat adalah struktur organisasi fungsional. Pada aspek keuangan dilakukan Total Project Cost,Break Even Point, proyeksi laporan keuangan, dan mengevaluasi kriteria penilaian nilai investasi. Total Project Cost yang dibutuhkan untuk usaha futsal baru ini sebesar Rp. 3.588.752.600,-. Net Present Value usaha futsal ini lebih besar dari nol sebesar Rp. 270.685.760,-. Nilai Discount Payback Period sebagai pedoman dalam menghitung lama pengembalian modal usaha adalah 4,66 tahun yang lebih pendaek dari horison perencanaan (7 tahun). Nilai Internal Rate of Return dari usaha ini lebih besar dari Minimum Attractive Rate of Return (12,25%) yaitu sebesar 14,6%. Analisis sensitivitas dilakukan terhadap penurunan pendapatan, besarnya penurunan pendapatan yang diizinkan dalam usaha ini tetap layak adalah sebesar 5,54%.selain itu juga dilakukan analisis rasio keuangan baik raio aktivitas maupun rasio profitabilitas yang menunjukkan bahwa kinerja perusahaan cukup baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: futsal, strategi pemasaran, kelayakan, kepuasan konsumen, peluang usaha.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 30 Jun 2014 02:46
Last Modified: 30 Jun 2014 02:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18854

Actions (login required)

View Item View Item