WIBISONO, RENDY (2012) Perbaikan Bauran Pemasaran Lael Print di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_3582_Abstrak.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Saat ini keunggulan bersaing dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan sudah menjadi masalah yang sangat penting bagi para pengusaha di mana selalu terdapat persaingan antara pengusaha. Setiap perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk memuaskan konsumen sehingga target penjualan dapat tercapai Penelitan ini dilakukan dengan membagi dua kelompok konsumen yaitu konsumen pelanggan dan konsumen potensial. Konsumen pelanggan merupakan konsumen yang pernah mengunjungi Lael Print, sedangkan konsumen potensial merupakan konsumen yang beum pernah mengunjungi Lael Print. Pengumpulan data sampling dilakukan kepada 100 orang responden konsumen pengguna dan 100 orang responden konsumen potensial. Setelah pengumpulan data dilakukan beberapa analisis sebelum ditarik kesimpulan antara lain analisis deskriptif, analisis perilaku konsumen, analisis tingkat kepuasan dan kepentingan, analisis crosstabs, analisis MANOVA, analisis kuadran, analisis SWOT, perancangan STPD, bauran pemasaran 8P (Product elements, Place, Promotion, Price and other cost of service, Process, Productivity and quality, People, Physical evidence). Dari analisis crosstabs, diketahui pada crosstab konsumen order kecil konsumen pengguna vs konsumen potensial terdapat perbedaan pada variabel menentukan tempat order sedangkan pada konsumen order besar konsumen pengguna vs konsumen potensial tidak terpadapat perbedaan sehingga mempermudah Lael Print untuk melakukan perbaikan strategi pemasaran. Dari hasil analisis MANOVA diketahui ada perbedaan tingkat kepentingan antara konsumen pelanggan dan konsumen potensial. Dari analisis kuadran, nilai rata-rata tingkat kepentingan tinggi. Pada analisis kuadaran dibagi menjadi 4 kuadran sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Lael Print. Dari hasil analisis kuadran dapat dirancang strategi SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). Untuk perilaku konsumen Pada konsumen order kecil terdapat 63% yang mengetahui Lael Print dari temannya sedangkan pada konsumen order besar terdapat 76% yang mengetahui Lael Print dari temannya. Berdasarkan analisis kuadran kelebihan dari Lael Print adalah kualitas produk dan pelayanan sehingga membuat konsumen menceritakan kepuasannya kepada teman dan menganjurkan untuk melakukan order di Lael Print. Dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat dilakukan perancangan strategi pemasaran STPD dan bauran pemasaran 8P dan yang menjadi segementasi dan target konsumen oder kecil yang akan menjadi target dari Lael Print yaitu konsumen yang berjenis kelamin Pria dan mayoritas konsumen memiliki pekerjaan sebagai mahasiswa kemudian konsumen berumur 20-30 tahun dan memiliki pengeluaran 1,5-2 juta. Lokasi disegmentasikan adalah perkatoran di daerah Kutisari ,Tenggilis Ahmad Yani dan sekitarnya. Untuk konsumen order besar yang akan menjadi target dari Lael Print adalah konsumen yang berjenis kelamin pria dan yang bekerja sebagai wirausaha dengan usia 20-30 tahun serta memiliki pengeluaran >2 juta. Lael Print harus membidik pemakai jasa rutin yang menjadi pelanggan tetap seperti orang yang bekerja untuk mengerjakan proyek dari sebuah perusahaan (contoh: Ramayana). Untuk strategi product element adalah menambah variasi produk dan mempertahankan kualitas produk saat ini. Place and time Lael print perlu membuka cabang baru seperti dekat dengan kampus atau daerah perkantoran. Procces mempertahankan kelebihan Lael Print yaitu pelayanan yang bagus serta memberikan pelayanan dalam pembayaran yaitu dengan via transfer. Productivity and quality, Lael print harus menyediakan kotak saran agar konsumen dapat memberikan masukan sehingga menjada kualitas Lael Print. People, Lael Print perlu menambah tenaga ahli desain sehingga dapat memuaskan konsumen. Promotion and education, Lael Print perlu membuat brosur dan menyebarnya di daerah kampus dan daerah perkantoran. physhical evidence, Lael Print dapat menjaga kebersihan kantor. Price and of service, Lael Print memberikan layanan gratis antar sehingga membuat konsumen lebih terpuaskan akan layanan dari Lael print.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, STPD, dan bauran pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 30 Jun 2014 02:56 |
Last Modified: | 30 Jun 2014 02:56 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18858 |
Actions (login required)
View Item |