Perbedaan Kualitas Layanan Antara Toko Guardian Dan Century Ditinjau Dari Persepsi Konsumen Terhadap Lima Dimensi Kualitas Jasa Di Plasa Tunjungan Surabaya

Mastani, Natallya (1998) Perbedaan Kualitas Layanan Antara Toko Guardian Dan Century Ditinjau Dari Persepsi Konsumen Terhadap Lima Dimensi Kualitas Jasa Di Plasa Tunjungan Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_2480_Abstrak.pdf] PDF
M_2480_Abstrak.pdf

Download (341B)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/145583

Abstract

Dewasa ini peningkatan kuahtas dari suatu produk atau jasa semakin mendapat perhatian yang serius. Hal ini disebabkan karena makin banyaknya produk atau jasa yang ditawarkan sehingga menyebabkan konsumen mempunyai banyak altematif pilihan dan semakin selektif pula dalam menentukan pilihannya terhadap produk jasa yang ditawarkan oleh produsen. Oleh karena itu untuk menghadapi hal tersebut pemasar dituntut untuk tidak saja mampu menjual produk atau jasanya, melainkan juga harus mengetahui bagaimana menyajikan kua1itas yang terbaik dari produk atau jasanya ke pasar yang menjadi sasarannya, dibandingkan dengan para pesamgnya. Meskipun banyak toko kesehatan yang bisa dipilih sebagai altematif, temyata konsumen cenderung fanatik terhadap toko kesehatan tertentu. Dipilihnya toko Guardian dan Century sebab kedua toko obat tersebut sama-sama dikenal oleh masyarakat dan mempunyai kesamaan dalam penataan dan ketenarannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai mutu layanan yang telah diberikan oleh toko Guardian dan toko Century juga untuk mengetahui toko kesehatan mana yang mutu layanannya lebih baik.Pembahasan dibatasi pada kualitas jasa dari lima dimensi kualitas jasa yang dikemukakan oleh Parasuraman (1990) yaitu dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy.Kegunaan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan dari dimensi kualitas layanan yang diberikan oleh masing-masing toko kesehatan. Memberikan masukan informasi bagi pemilik kedua toko kesehatan sehingga dapat meningkatkan dan memperbaiki program pengembangan sumberdaya manusia. Ditinjau dari kategori hasilnya, skripsi ini termasuk jenis riset konklusif yang tergolong dalam bentuk desktiptif. Sedangkan menurut komposisi ilmiahnya, skripsi ini disusun dalam bentuk argumentasi. Acuan data dan informasi yang diperlukan untuk menyusun skripsi ini yaitu data primer yang berupa penyebaran kuesioner yang dilakukan kepada pengunjung. Target populasinya adalah konsumen yang pemah membeli dari toko kesehatan Guardian dan Century berusia minimum 15 tahun dengan pendidikan minimum SMP. Teknik pengumpulan data adalah non probability sampling.Kuesioner yang disebarkan menggunakan aras ordinal dengan nilai satu sampai lima.Kuesioner disebarkan di Plasa Tunjungan Surabaya adalah sebanyak 200 responden, sedangkan yang layak dianalisis hanya 160 kuesioner. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ada perbedaan kualitas layanan antara toko kesehatan Guardian dan toko kesehatan Century ditinjau dari persepsi konsumen terhadap lima dimensi kualitas jasa.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 30 Jun 2014 05:00
Last Modified: 30 Jun 2014 05:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18911

Actions (login required)

View Item View Item