Prayogo, Winy (1998) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kemampuan Persuasi Dan Daya Tarik Fisik SPG Dengan Niat Membeli. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Salah satu faktor psikologis yang turut mempengaruhi individu dalam mcmutuskan pembelian terhadap suatu produk kosmetika adalah niat membeli. Niat membeli ini dapat menjadi salah satu faktor penentu terjadinya periJaku membeli. Karenanya, banyak produsen rela mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk dapat membangkitkan niat beli konsumennya. Kemampuan persuasi dan daya tarik fisik SPG (sales Promotion Girl) mempakan salah satu f~tktor yang cukup penting untuk diperhatikan, karena biasanya apa yang paling diingat konsumen akan mempengamhi perilaku individu itu selanjutnya. Kemampuan persuasi dipengaruhi oleh beberapa faktor ardara lain mencakup : menumbuhkan keinginan dan perhatian, mcmberikan keterangan, memikat hati, menggerakan orang untuk bersikap dan berbuat seperti yang diharapkan. Sedangkan daya tarik fisik mcncakup aspek-aspek : karakteristik fisik, penampilan dan kerapian, kcsehatan dan daya tahan tubuh. Persepsi konsumen yang timbul terhadap kernampuan persuasi dan daya tarik fisik SPG tersebut akan mcmpengamhi niat beli konsumen saat konsumen membutuhkan produk kosmetika. Metode sampling yang digunakan dalam penclitian ini adalah Incidental Sampling. Subyek penelitian ini adalah semua wanita yang datang ke counter kosmetika Clinique di Plaza Tunjungan III saat dilakukannya penelitian ini, scbanyak 30 subyek. Data diambil dengan menggunakan angket. Subyek diminta untuk memberi jawaban tentang persepsinya terhadap kemampuan persuasi dan daya tarik fisik SPG. Niat beli diukur dengan mcminta subyek untuk memilih antara angka 1 sampai 10, semakin tinggi angka yang dipilih menunjukkan niatnya semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Uji hipotesis dilakukan dengan memakai Analisis Regresi. Berdasarkan pengujian statistik Analisis Regresi, diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang cukup signifikan antara persepsi terhadap kemampuan persuasi dan daya tarik fisik SPU dengan niat membeli (F = 2,140 dan p = 0, 135). Saran yang bisa diberikan pada peneliti Jain adalah : perlu memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi niat membeli, menambah jumlah sampel dan perlu diadakannya penelitian pada perusahaan kosmetika lain.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 03:49 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 05:26 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/1899 |
Actions (login required)
View Item |