Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telepon Selular Ericson GF 788 Di Surabaya

Mulyadi, Lanny (1998) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telepon Selular Ericson GF 788 Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_2602_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_2602_Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/145385

Abstract

Kebutuhan akan sarana komunikasi jarak jauh yaitu telepon sebagai salah satu penunjang kegiatan bisnis dan pertukaran infonnasi akan semakin penting. Sampai dengan Pelita VI yang akan berakhir pada Maret 1998, pemerintah pada mulanya hanya mentargetkan pelanggan telepon selular sebanyak 400 ribu satuan sambungan telepon. Akan tetapi pada akhir tahun 1996, angka sudah menunjukkan 600 ribu, sehingga Depparpostel merubah target tersebut menjadi 1,3 juta sambungan telepon. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai pasar potensial bagi bisnis telepon selular. Dan pembebasan bea masuk impor pesawat telepon selular pada akhir tahun 1995 mendorong makin banyaknya merek telepon selular yang masuk ke tanah air. Pada tahun 1986, PT Ericsson sebagai pelopor memasuki pasar telepon selular dengan produk NMT 450. Seiring dengan perkembangan teknologi, PT Ericsson konsisten dalam mengeluarkan dan menyempurnakan produk telepon selulamya, dimana telepon selular Ericsson GF 788 merupakan generasi keempat yang diluncurkan pada bulan Maret 1997. Selain Ericsson, ada sekitar 20 merek teJepon selular yang masuk ke tanah air, antara lain Motorola, Nokia, Siemens, Philips, Alcatel, Sharp, dan Sony. Untuk mengantisipasi situasi persaingan di bisnis telepon selular ini, PT Ericsson harus dapat mengetahui apakah produk telepon selular yang ditawarkan sudah dipersepsi berkualitas baik oleh pelanggan, yang kemudian akan berpengaruh terhadap kepuasan pe]anggan. Hal ini penting untuk diteliti sebab pada hakikatnya, seseorang membeli suatu produk karena dapat dipergunakan sebagai alat untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Dengan kata lain, seseorang membeli produk karena manfaat yang ditimbulkan dari produk yang dibelinya tersebut. Jadi peranan kualitas produk sangat penting sekali, sebab dari kualitas produk tersebut akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini berlokasi di Surabaya dan dilakukan selama 5 bulan, dimana pembuatan bab I, n, dan m berlangsung selarna 2 bulan, penyusunan dan penyebaran kuesioner selama l bulan, dan 2 bulan sisanya digunakan untuk pengolahan data serta penulisan bab IV dan V. Tujuan yang hendak. dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur besamya pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pel8!1B8an pada produk telepon selular merek Ericsson GF 788 di Surabaya, ditinjau dari persepsi pelanggan berdasarkan lima tingkat produk. Sedangkan untuk kepuasan pelanggan didekati melalui delapan faktor pembentuk kepuasan pelanggan yang disebut The Big Eight Factors. Untuk mengolah dan menganalisis data digunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, standar deviasi, analisis regresi tinier sederhana, koefisien determinasi, dan koefisien korelasi. Sedangkan pengujiannya menggunakan uji t dua ekor. Berdasarkan hasil pengolahan data. menunjukkan rata-rata responden fnempersepsikan produk ponsel Ericsson GF 788 berkualitas, karena hasil rata-rata kualitas produk secara keseluruhan sebesar 4,85. Selain itu juga diketahui bahwa rata~rata responden merasa puas terhadap produk ponsel Ericsson GF 788 di Surabaya, sebab basil rata-rata kepuasan pelanggan secara keseluruhan sebesar 4,69. Hasil pengolahan data juga menunjukkan adanya satu tingkat produk yang dipersepsi tidak berkualitas baik oleh pelanggan yaitu potensial product, dan satu faktor pembentuk kepuasan dimana pelanggan merasa tidak puas yaitu sBnicerelated factors. Berdasarkan basil uji hipotesis, koefisien korelasi sebesar 88,1% menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan searah antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan ponsel Ericsson GF 788 di Surabaya Sedangkan koefisien detenninasi sebesar 77,7% menunjukkan bahwa kualitas produk mampu menjelaskan kepuasan pelanggan sebesar 77,7%, dan sisanya sebesar 22,3% dijelaskan oleh faktor~faktor lain. Dengan demikian terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan ponsel Ericsson GF 788 di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 01 Jul 2014 01:47
Last Modified: 02 Jul 2014 05:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item