Studi Deskriptif Kepuasan Wisatawan Surabaya yang Melakukan Perjalanan Wisata ke Bali dengan Menggunakan dan Tanpa Menggunakan Paket Tur Berdasarkan Metode Holiday Satisfaction

Femilya, Ennie (2011) Studi Deskriptif Kepuasan Wisatawan Surabaya yang Melakukan Perjalanan Wisata ke Bali dengan Menggunakan dan Tanpa Menggunakan Paket Tur Berdasarkan Metode Holiday Satisfaction. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4932_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4932_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133080

Abstract

Pulau Bali merupakan tempat atau objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik. Pulau Bali telah menjadi ikon dari negara Indonesia. Banyak orang asing yang lebih mengenal dan mengetahui Bali dibandingkan Indonesia. Ada dua cara untuk datang ke Bali yaitu yang pertama dengan cara menggunakan paket tur dan yang kedua tanpa menggunakan paket tur Metode Holiday Satisfaction (HOLSAT) merupakan pengembangan dari metode service quality. Metode satisfaction khusus digunakan untuk mengukur kepuasan berlibur wisatawan. Dengan metode ini akan dapat diketahui seberapa besar selisih antara harapan dan persepsi wisatawan tersebut. Pengukuran tingkat kepuasan ini didapatkan dengan membandingkan persepsi wisatawan terhadap layanan-layanan yang diberikan pelaku bisnis pariwisata dengan harapan wisatawan tersebut. Hasil sigi awal menunjukkan bahwa terdapat gambaran kepuasan wisatawan antara wisatawan Surabaya yang melakukan perjalanan wisata ke Bali dengan menggunakan dan tanpa menggunakan paket tur dengan metode Holiday Satisfaction yang berdasarkan pada dimensi-dimensi yang terdiri dari Attraction, Activities, Amenities, Accommodation, dan Accessibility. Hasil penelitian ini didasarkan pada jawaban responden pada berbagai pertanyaan dalam kuesioner yang dirumuskan dengan menggunakan metode Holiday Satisfaction (HOLSAT). Analisis yang digunakan adalah analisis kuadran, yang bisa memberi penilaian mengenai responden yang merasa puas atau tidak puas terhadap suatu hal. Responden dalam penelian ini terbagi atas responden yang mengunjungi Bali dengan menggunakan paket tur dan responden yang mengunjungi Bali dengan tanpa menggunakan paket tur. Hasil analisis kuadran menunjukkan bahwa responden yang mengunjungi Bali tanpa menggunakan paket tur memiliki tingkat kepuasan yang lebih rendah dibandingkan responden yang mengunjungi Bali dengan menggunakan paket tur, karena responden yang mengunjungi Bali tanpa menggunakan paket tur mempunyai tingkat harapan di atas mean harapan pada masing-masing kategori dan tingkat persepsi di bawah mean persepsi pada masing-masing kategori, sehingga perlu dilakukan perubahan

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kepuasatan Wisatawan, Perjalanan Wisata, Paket Tur, Metode Holiday Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 02 Jul 2014 03:15
Last Modified: 02 Jul 2014 03:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item