Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Purchase Decision pada Produk Sabun Pencuci Piring Merek Sunlight di Surabaya

Wijaya, Indra Kusuma (2010) Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Purchase Decision pada Produk Sabun Pencuci Piring Merek Sunlight di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4916_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4916_Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154978

Abstract

Purchase decision merupakan tahapan dimana konsumen benar-benar membeli produk yang telah dipilih. Keputusan pembelian merupakan tahap keempat dari proses pembelian, sehingga untuk sampai pada tahap tersebut konsumen harus melalui tiga proses sebelumnya. Purchase decision dapat dipengaruhi oleh komunikasi dari mulut ke mulut atau word of mouth baik yang positif maupun negatif yang terjadi setiap saat. Konsumen mendengar kabar negatif tentang suatu merek, terutama dari orang yang dia percayai, dapat mempengaruhi citra suatu merek yang ada dalam benaknya. Demikian pula kabar positif tentang suatu merek dapat mempengaruhi purchase decision yang telah terbentuk sebelumnya dalam benak konsumen.Selain word of mouth, purchase decision juga dipengaruhi oleh kualitas produk. Dengan kualitas produk yang baik, maka konsumen akan semakin yakin untuk membeli dan menggunakan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah word of mouth dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap purchase decision produk sabun pencuci piring merek Sunlight di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 115 responden. Data yang terkumpul diolah menggunakan SPSS 15.0 for Windows dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara word of mouth dan kualitas produk terhadap purchase decision pada produk sabun pencuci piring merek Sunlight di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: purchase decision, word of mouth, kualitas produk, regresi linier berganda
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 02 Jul 2014 06:34
Last Modified: 02 Jul 2014 06:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19340

Actions (login required)

View Item View Item