RAHMAWATI, NURUSHSHIYAM (2014) Hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan pada Pasien Rawat Inap RSUD Bangkalan. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
UE_200_Abstrak.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa individu yang merupakan hasil evaluasi perbandingan antara harapan dan kinerja suatu produk atau jasa. Ada beberapa yang berkorelasi dengan kepuasan pelanggan, salah satu yang hal yang berkorelasi adalah kualitas layanan. Apabila kualitas layanan tinggi, maka kepuasan pelanggan semakin tinggi. Begitu pula sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan (2) mengetahui hubungan tiap aspek kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Bangkalan berjumlah 135 pasien (56 laki-laki dan 79 perempuan). Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Pengujian hasil penelitian menggunakan program SPSS 16 dan VPLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan (r=0.426, p=0.000), tidak adanya hubungan aspek tangible dengan kepuasan pelanggan (r=0.100, p=0.247), adanya hubungan aspek reliability dengan kepuasan pelanggan (r=0.534, p=0.000), tidak adanya hubungan aspek responsiveness dengan kepuasan pelanggan (r=-0.128, p=0.140), adanya hubungan aspek assurance dengan kepuasan pelanggan (r=0.515, p=0.000), dan tidak adanya hubungan aspek emphaty dengan kepuasan pelanggan (r=-0.002, p=0.985). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aspek kualitas layanan yang memengaruhi kepuasan pasien rawat inap RSUD Bangkalan adalah reliability dan emphaty.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Service |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 06:38 |
Last Modified: | 05 Jan 2016 07:32 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19349 |
Actions (login required)
View Item |