Analisis Perbedaan Likuiditas Saham dan Harga Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split pada Perusahaan yang Melakukan Stock Split Periode 2003-2007 di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Mahjudie, Franky (2010) Analisis Perbedaan Likuiditas Saham dan Harga Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split pada Perusahaan yang Melakukan Stock Split Periode 2003-2007 di Bursa Efek Indonesia (BEI). [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154894

Abstract

Pasar modal merupakan suatu pasar atau tempat perdagangan saham, dengan banyak sekali aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh para investor untuk memperoleh keuntungan (Return). Return yang diperoleh dapat diprediksi bagi laba yang akan datang. Berdasarkan Undang-Undang pasar modal ada beberapa cara yang dapat dilakukan emiten untuk meningkatkan kinerja saham badan usaha yaitu stock split, right issue, atau hak memesan efek terlebih dahulu (HMTD). Stock split adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan go-public untuk menaikkan jumlah saham yang beredar. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan pada saat harga dinilai terlalu tinggi sehingga akan mengurangi kemampuan investor untuk membelinya. Penelitian ini akan menunjukkan perbedaan harga saham dan likuiditas saham periode sebelum split dengan periode sesudah split pada perusahaan yang melakukan stock split periode 2003 -2007 di Bursa Efek Indonesia. penelitian ini berhasil membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara harga saham perusahaan sebelum dan sesudah melakukan stock split. Pada analisis pengujian hipotesis didapatkan hasil bahwa volume perdagangan sebelum stock split tidak berbeda signifikan dengan volume perdagangan sesudah stock split, hal ini berarti stock split kurang dapat memberikan sinyal yang informatif mengenai prospek perusahaan yang menguntungkan. Pada analisis pengujian hipotesis didapatkan hasil bahwa spread sebelum stock split tidak berbeda signifikan dengan harga saham sesudah stock split, hasil penelitian tersebut tidak mendukung Trading Range Theory yang menyatakan bahwa pemecahan saham akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Harga Saham, Volume Perdagangan, Spread
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 03 Jul 2014 06:34
Last Modified: 03 Jul 2014 06:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19475

Actions (login required)

View Item View Item