Andrianto, Andreas Yan (2010) Pengaruh Celebritiy Endorser (Tamara Bleszynski, Dian Sastrowardoyo, Luna Maya) terhadap Brand Attitude Sabun Mandi Cair Lux Berdasarkan Tanggapan Pemirsa Televisi di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_4843_Abstrak.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Pada era persaingan yang sangat ketat saat ini, perusahaan tidak lagi menonjolkan sisi kualitas produk sebagai andalan, tetapi perusahaan lebih menonjolkan sisi merek sebagai media untuk memperoleh keuntungan. Agar merek dikenal oleh konsumen, maka merek dikomunikasikan melalui media iklan. Iklan yang semakin banyak bermunculan di stasiun televisi, membuat konsumen seolah-olah dipaksa untuk menerima berbagai informasi diluar kemampuannya. Oleh karena itu sekarang ini banyak perusahaan yang memanfaatkan selebritis sebagai juru komunikasi atau bintang iklan produknya dengan tujuan untuk mengangkat merek dan mendongkrak penjualan. hal inilah yang dilakukan oleh PT Unilever dalam mempromosikan produknya sabun cair Lux, dimana PT Unilever menggandeng Tamara Bleszynski, Dian Sastrowardoyo, Luna Maya yang merupakan artis-artis cantik yang terkenal sebagai ikon sabun cair Lux. Berdasarkan hasil sigi awal dapat dinyatakan adanya indikasi yang positif antara celebrity endorser dengan brand attitude, dimana semakin menarik persepsi terhadap celebrity endorser, maka sabun cair Lux semakin disukai. Oleh karena itu berdasarkan fakta tersebut dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah celebrity endorser (Tamara Bleszynski, Dian Sastrowardoyo, Luna Maya) berpengaruh terhadap brand attitude sabun cair Lux berdasarkan tanggapan pemirsa televisi di Surabaya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep celebrity endorser menurut Shimp dan konsep brand attitude menurut Batra, Aaker & Mayers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai pengaruh celebrity endorser terhadap brand attitude yang dikemukakan oleh Rossiter & Percy. Celebrity endorser dapat diukur dari tiga karakteristik, yaitu: yaitu source credibility, source attractiveness, source power. Sedangkan brand attitude dapat diukur dari tiga atribut, yaitu: beliefs about brands, evaluation of brands, and tendency to act. Setelah dilakukan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, pengujian validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, pengolahan data melalui regresi linier berganda dan koefisien determinasi, pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t, dan menganalisis data, maka dalam penelitian ini dapat ditarik konklusi bahwa ternyata celebrity endorser (Tamara Bleszynski, Dian Sastrowardoyo, Luna Maya) berpengaruh secara signifikan terhadap brand attitude sabun cair Lux berdasarkan tanggapan pemirsa televisi di Surabaya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | celebrity endorser (Tamara Bleszynski), celebrity endorser (Dian Sastrowardoyo), celebrity endorser (Luna Maya), brand attitude. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 04 Jul 2014 06:38 |
Last Modified: | 04 Jul 2014 06:38 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19629 |
Actions (login required)
View Item |