Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Kesetiaan Merek Aqua di Surabaya

Widjaya, Yunieta Indahsari (2010) Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Kesetiaan Merek Aqua di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4853_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4853_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132473

Abstract

Meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan salah satu cara dari suatu badan usaha untuk dapat bertahan dan bersaing dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat. Kepuasan pelanggan merupakan perbandingan antara persepsi pelanggan terhadap kinerja suatu produk dengan harapan pelanggan. Apabila seorang pelanggan merasa puas ketika mengkonsumsi suatu produk maka akan menimbulkan kesetiaan merek yang kemudian akan meningkatkan penjualan dari suatu badan usaha. Kepuasan pelanggan sangat penting untuk diperhatikan karena merupakan salah satu dasar pembentuk kesetiaan merek terhadap produk dari suatu badan usaha. Oleh sebab itu maka suatu badan usaha perlu untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya agar mampu memelihara dan meningkatkan kepuasan pelanggan agar pelanggan tetap setia dan tidak berpindah ke merek yang lainnya. Tujuan yang hendak dicapai di dalam penelitian in adalah untuk mengetahui, menganalisis dan membuktikkan adanya pengaruh kepuasan pelanggan tehadap kesetiaan merek AQUA di Surabaya. Target populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli dan mengkonsumsi AQUA minimum 2 kali dalam seminggu dan berdomisili di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling dan jenis Non Probability Sampling yang digunakan adalah Convinience Sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah numerical scale jenis monopolar. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan pada kesetiaan merek AQUA di Surabaya. Hal ini dapat dibuktikkan dari hasil pengujian hipotesis koefisien regresi (b) sebesar 0,732. Dalam hal ini pengaruh yang terjadi adalah positif dan hal itu berarti bahwa apabila kepuasan pelanggan AQUA di Surabaya mengalami kenaikan/ penurunan sebesar 0,732 maka kesetiaan merek juga mengalami kenaikan/ penurunan sebesar 0,732. Hal tersebut juga sekaligus membuktikkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap kesetiaan merek AQUA di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Kesetiaan Merek.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 04 Jul 2014 06:54
Last Modified: 04 Jul 2014 06:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

View Item View Item