Hubungann Citra Merek dan Kualitas Produk dengan Loyalitas Pelanggan Produk Apple

CHRISANDI, NURINA PRISILIA (2014) Hubungann Citra Merek dan Kualitas Produk dengan Loyalitas Pelanggan Produk Apple. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236040

Abstract

Banyaknya persaingan dari berbagai perusahaan khususnya terkait dalam hal alat komunikasi seperti, handphone, smartphone, tablet, mp3 dan laptop. Berbagai perusahaan berusaha untuk menjadi market leader dalam bidang komunikasi. Berdasarkan data, Apple merupakan market leader karena selalu menduduki di peringkat pertama dalam jenis alat komunikasi apapun. Para konsumen membeli suatu produk Apple tak lepas dari kualitas produk dan citra merek produk. Pada penelitain terdahulu sudah dilakukan sebuah penelitian yang terkait oleh variabel tersebut namun peneliti ingin memfokuskan pada produk Apple. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya hubungan citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan produk Apple (2) mengetahui ada tidaknya hubungan citra merek dan loyalitas pelanggan produk Apple (3) mengetahui ada tidaknya hubungan kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 125 subjek dengan menggunakan teknik Incidental Samping. Pengumpulan data dilakukan dengan angket terbuka dan tertutup dari citra merek, kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Hipotesis penelitian diuji dengan pearson jika sebaran data normal dan linier dan menggunakan spearman jika sebaran data tidak normal dan tidak linier. Kemudian untuk analisis ketiga variabel menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan citra merek dengan loyalitas pelanggan produk Apple r = 0.768 (p < 0.05) dan ada hubungan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan produk Apple r = 0.809 (p < 0.05) serta ada hubungan antara citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan produk Apple r = 0.829 (p < 0.05). Kesimpulannya jika citra merek sedang cenderung tinggi maka loyalitas pelanggan tinggi, jika kualitas produk sedang cenderung tinggi maka loyalitas pelanggan tinggi. Maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara citra merek, kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Saran bagi penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel kepuasan pelanggan agar lebih dalam menganalisis. Selain itu juga tidak hanya memilih mahasiswa sebagai subjek penelitian loyalitas pelanggan produk Apple karena target market Apple tidak hanya mahasiswa saja melainkan semua orang.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Citra merek, kualitas produk, loyalitas pelanggan, produk A
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 11 Jul 2014 06:42
Last Modified: 11 Jul 2014 06:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item