Hubungan antara Brand Image dan Brand Loyalty Air Mineral dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua

LIEUSBUN, NOVIA MARTHA (2014) Hubungan antara Brand Image dan Brand Loyalty Air Mineral dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236042

Abstract

Semakin rendahnya kualitas air sumur dan semakin menurunnya PDAM untuk memasok air minum yang berkualitas dan aman untuk kesehatan, mengakibatkan masyarakat mengkonsumsi AMDK. Banyak merek AMDK yang beredar di masyarakat, salah satunya Aqua. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah brand image memengaruhi brand loyalty pada AMDK merek Aqua. Teknik pengukuran dilakukan secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner atau angket. Subjek pada penelitian ini adalah 300 orang masyarakat yang tinggal di Surabaya Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling, yaitu siapa saja baik laki-laki maupun perempuan yang ditemui, dan pernah mengkonsumsi AMDK merek Aqua minimal 3x dalam sebulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh terhadap brand loyalty sebesar 16%, sedangkan 84% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Brand image terdiri dari 3 aspek pembentuknya, yaitu strength of brand association, favorability of brand association, dan uniqueness of brand association. Berdasarkan penelitian ini, aspek favorability yang memiliki nilai paling tinggi, karena adanya kebutuhan subjek akan kualitas air minum yang baik yang diberikan oleh Aqua, sehingga subjek memperoleh hasil yang positif yang membuat subjek melakukan pembelian ulang terhadap Aqua.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Brand Loyality
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 11 Jul 2014 06:45
Last Modified: 11 Jul 2014 06:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19782

Actions (login required)

View Item View Item