Perencanaan Pendirian Sebuah Baby Shop di Surabaya

Hartono, Rudy (2001) Perencanaan Pendirian Sebuah Baby Shop di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_1568_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_1568_Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136259

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk kota Surabaya disertai dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat Surabaya ditandai dengan standar hidup yang cukup tinggi. Pertumbuhan ekonomi yang semakin mantap menimbulkan gaya hidup baru bagi golongan menengah ke atas yang ditandai dengan semakin banyaknya speciality store yang menyediaka.n suatu kebutuban khusus. Nilai seorang anak pada kondisi saat ini jaub lebih tinggi, lebib istimewa. dan Jebih banyak perhatian yang dicurahkan. Anak-anak: terutama balita (bawah lima tahun) memiliki kebutuban yang cukup banyak dan beragam. Dari pengamatan terbadap beberapa baby shop yang ada di Surabaya menunjukkan ramai pengunjung babkan terjadi kesulitan parkir.. Selain itu, pesatnya pertumbuhan baby shop baru menunjukkan betapa menariknya untuk teljun ke dalam bisnis ini Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan prospek investasi baby shop ditinjau dari aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, dan aspek keuangan selama masa perencanaan lima tahun dan melakukan analisis sensitivitas tebadap variabel-variabel kritis. Selain itu aka.n dibahas pula pemasaran yang tepat agar dapat bersaing. Dari basil penelitian aspek pasar melalui penyebaran kuesioner diketahui bahwa mayoritas responden (98,72 o/o) menyatakan perlunya baby shop sebagai tempat berbelanja kebutuban balita. Perhitungan juga menunjukkan Pasar Potensial Efektif (PPE) dan Permintaan Efektif (PE) yang besar dan meningkat. Dalam aspek teknis telah ditentukan nama toko, lokasi, layout, hingga fasilitas­ fasilitas yang disediakan. Sedangkan dalam aspek manajemen ditentukan struktur organisasi dan jabatan beserta deskripsi dan spesifikasinya. Dari perhitungan dalam aspek keuangan diketahui bahwa investasi ini layak dengan Total Project Cost (TPC) yang dibutuhkan sebesar Rp. 821.859.267,00. Investasi ini akan menghasilkan Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 563.426.609,90 dengan Minimum Attractive Rate of Retw'n (MARR) sebesar 25 %. Internal Rate of Return (IRR) dari investasi ini ada.1ah sebesar 50,902 % dengan discounted payback period selama 2,918 tahun. Dari basil analisis sensitivitas diketahui bahwa investasi ini masih layak apabila contribution margin ratio minimal sebesar 8,738 %. lnvestasi ini juga masib layak apabila terjadi penurunan nilai sales maksimal sebesar 32,786 % per tahun atau apabila terjadi penurunan jumlah pelanggan maksimal sebesar 32,807% per tahun atau apabila teJjadi penurunan rata-rata nilai belanja per bulan per pelanggan hingga Rp. 575.504,15. Dengan berbagai strategi dan taktik pemasaran yang dibahas tennasuk cara-cara promosi yang memungkinkan (misal melalui membership/discount card) diharapkan investasi ini dapat memberikan keuntungan yang diharapkan. Dari basil penelitian didapatkan bahwa investasi pendirian baby shop di Surabaya yang telah ditinjau dari berbagai aspek di atas dinyatakan layak dan rencana investasi dapat dilanjutkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 14 Jul 2014 03:48
Last Modified: 14 Jul 2014 03:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19815

Actions (login required)

View Item View Item