Analisis Perilaku Konsumen Untuk Menentukan Strategi Pemasaran di PT. Asuransi Jiwa Prudential Bancbali

Paredandan, Martini (2001) Analisis Perilaku Konsumen Untuk Menentukan Strategi Pemasaran di PT. Asuransi Jiwa Prudential Bancbali. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_1577_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_1577_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136265

Abstract

Perekonomian Indonesia pasca krisis ekonomi diwarnai oleh makin ketatnya persaingan pasar. Banyak badan usaha sejenis yang bennunculan termasuk juga badan usaha yang bergerak dalam bidang jasa, salah satunya adalah asuransi. PT. Asuransi Jiwa Prudential BancBali adalah sebuah perusahaan $uransi jiwa yang merupakan keija sama (joint venture) antara Prudential UK {llari Inggris) dengan Bank Bali. Makin ketatnya persaingan mendorong perusahaan untuk mulai berbenah diri dengan meningkatkan kinelja manajemen dan memperbaiki kondisi internal perusahaan, mengetahui lebih dalam mengenai perilaku konswnen yang dituju, serta mempersiapkan program pemasaran yang rapi dan matang dengan kualitas layanan yang sesuai keinginan konsumen. Untuk itu dalam penelitian tugas akhir · ini dilakuk:an analisis perilaku konswnen berdasarkan gaya hidupnya dan analisis kepentingan dan performans untuk mengetahui variabel-variabel layanan yang perlu mendapat prioritas penanganan oleh pihak manajemen. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dan dari wawancara dengan responden dan manajemen. Penyebaran kuesioner dilakukan secara purposive sampling, yaitu kepada konsumen PT. Asuransi Jiwa Prudential BancBali (selanjutnya disebut ke1ompok , l) dan kepada konsumen potensial yang diambil dari golongan menengah ke atas. · · kdompok potensial akan dikelompokan lagi dalam dua kelompok yaitu konst.imen yang sudah memiliki asuransi selain asuransi yang ditawarkan oleh PT. Asuransi.Jiwa Prudential BancBali (kelompok ll) dan konsumen yang sama sekali belum memiliki asuransi (kelompok III). Data yang dikumpulkan adalah data demografi, Jatar belakang asuransi, data layanan dan data gaya hidup (berdasarkan pengelompokan yang dilakukan oleh PT. Surindo Utama). Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data diperoleh gaya hidup mayoritas pertama dan kedua pada kelompok I adalah Loner dan Socialite, kelompok II adalah Loner dan Achiver, sedangkan kelompok III adalah Loner dan Anxious. Menurut analisis kepentingan dan performans, variabel-variabel yang perlu mendapat prioritas penanganan perusahaan menurut kelompok I adalah kejelasan keterangan dalam polis mengenai hak dan kewajiban kedua pihak, interval waktu pencairan klaim, dan kecepatan serta ketepatan tindakan staf dalam menangani kelupan. Sedangkan variabel Iayanan yang dipentingkan oleh konsumen potensial adalah tambahan manfaat perlindungan, kerapian dan kejelasan keterangan dalam proposal, besarnya uang pertanggungan, after sales service", kemampuan agen dalam berkomunikasi dan berargumentasi, kejujuran dan itikad baik agen, jumlah klaim yang dibayarkan, reputasi perusahaan, prosedur pengajuan klaim serta interval waktu pencairan klaim, kejelasan keterangan hak dan kewajiban kedua puhak dalam polis, serta kecepatan dan ketepatan ndakan staf c4]am menangani keluhan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 14 Jul 2014 07:16
Last Modified: 14 Jul 2014 07:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19831

Actions (login required)

View Item View Item