Efektivitas Iklan POP (Point of Purchase) dan Pengkajian dari segi Ergonomi di Supermarket Hero Galaxy Mall

Sutanto, Ariany Intansari (2001) Efektivitas Iklan POP (Point of Purchase) dan Pengkajian dari segi Ergonomi di Supermarket Hero Galaxy Mall. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_1579_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_1579_Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136256

Abstract

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan antar iklan pada media yang ada maka media baru seperti POP display menjadi suatu altematif di antara media-media lain yang sudah ada. Selain mempunyai kelebihan untuk mempertemukan konsumen, iklan dan produk yang bersamaan, media ini juga dapat memanfaatkan kebiasaarr belanja sebagiarr besar k:onsumen yang·termasuk dalam konsumen yang impulse buyers. Iklan POP (Point of Purchase) yang akan diteliti ini antara lain meliputi iklan shelfvision (iklan yang dipasang di rak), carts a<h-mising (iklan yang dipasang di kereta dorong), hang mobile (iklan yang digantung di langit-langit) dan wire stands (iklan POP yang berbentuk rak). Untuk lebih membantu pengembangan penggunaan iklan ini maka perlu dilihat efektivitas dari masing-masingjenis iklan POP yang ada. UntUk melihat efektivitas tersebut, dilakukan pengumpulan data sebagai berikut : data tentang demografi responden, perilaku belanja responden, perhatian serta tanggapan responden terhadap iklan POP. Di samping data-data tersebutjuga didapatkan data tentang iklan POP dari PT Actmedia serta dilakukan pengumpulan data-data fisik iklan POP yang ada sekarang ini. Setelah melihat efektivitas iklan POP, dilakukan pembagian kuesioner perancangan untuk mengctahui efemen iklan terbaik dari beberapa contoh iklan yang ada beserta alasannya. Elemen iklan yang dilihat meliputi : shelfvision (posisi, gambar, kontras wama, isi, ukuran, tinggi dan tebal huruf dalam iklan), carts advertising (gambar, kontras wama, isi, tinggi dan tebal huruf dalam iklan), hang mobile (posisi, gambar, kontras wama, isi, ukuran, tinggi dan tebal huruf dalam iklan), sedangkan untuk wire stands adalah tinggi dan Iebar rak, gambar, kontras wama, isi, tinggi dan tebal huruf dalam iklan. Berdasarkan alasan yang dikemukakan oleh responden dan didukung dasar teori yang ada serta disesuaikan dengan data yang ada maka dibuadah saran untuk perancangan iklan POP. Dari penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa ikfan POP cukup efektif dan masing masing jenis iklan POP mempunyai keunggulan yang berbeda­ beda. Iklan shelfVision efektif membuat responden tertarik dan ingin membeli produk yang diiklankan, iklan hang mobile efektif untuk menyampaikan hal-hal baru tentang produk yang diiklankan dan iklan wire stands yang biasanya ditata dengan artistik efektif untuk menarik perhatian responden kepada produk yang diiklankan, sedangkan carts advertising yang tidak menunjukkan keunggulan yang khusus tetap pt:rlu ada menurut mayoritas responden. Berdasarkan hasil kuesioner perancangan dan didukung dengan teori ergonomi yang ada, sebaiknya dirancang iklan yang berukuran besar dengan wama latar dan tulisan yang kontras, gambar yang menunjukkan tentang bentuk, kemasan dan kegunaan produk, isi I kalimat iklan yang menjelaskan keunggulan produk dibandingkan produk sejenis, dan disertai hurufyang cukup besar, disesuaikan denganjenis iklannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 14 Jul 2014 07:47
Last Modified: 14 Jul 2014 07:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19837

Actions (login required)

View Item View Item