Penjadwalan Karyawan Untuk Supermaket dan Departement Store Di Plaza Batu

Nelson, Paul (2001) Penjadwalan Karyawan Untuk Supermaket dan Departement Store Di Plaza Batu. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_1601_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_1601_Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136238

Abstract

Plaza Batu merupakan salab satu perusahaan retail yang mengalami perkembangan yang cukup pesat . Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja pemsahaan adalah dengan mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki yaitu dengan membuat penjadwalan kasir di department store dan supermarket. Desain eksperimen dan software SPSS digunakan untuk mengelompokkan sub kelompok homogen untuk tingkat keramaian di Plaza Batu dari data pengunjung supermarket dan department store. Berdasarkan sub kelompok homogen diambil data waktu antar kedatangan, kemudian dengan menggunakan software Statfit didapat distribusi waktu antar kedatangan, dan distribusi waktu pelayanan kasir. Kebutuhan kasir minimum untuk setiap sub kelompok homogen ditentukan dengan bantuan software Arena. Dari Jumlah kasir minimum yang dibutuhkan, hari-hari dalam sebulan dikelompokkan menjadi 6 sub kelompok untuk supermarket dan 4 sub kelompok untuk department store. Untuk masing-masing sub kelompok baru ini digunakan model Integer Programming dair Dantzig untuk memformulasikan problem penentuan jumlah kasir optimal pada masing-masing shift pada kondisi ramai/sepi. Model Integer Programming yang diperoleh diselesaikan dengan modul Integer Linear Programming pada software Quant System dan diperoleh jumlah kasir optimal per shift untuk masing-masing sub kelompok. Selanjutnya nilai optimal ini akan digunakan untuk menjadwal karyawan bagian kasir Plaza Batu dengan menggunakan algoritma Tibrewala Philippe dan Browne sedemikian hingga setiap karyawan akan bekerja 6 kali dalam seminggu. Sistem penjadwalan kasir yang diperoleh dengan model ini memiliki keuntungan dibandingkan sistem penjadwalan real yang dilakukan perusahaan, antara lain: adanya penghematan biaya sebesar Rpl.094.500,- dengan menggunakan jadwal kasir optimal penjadwalan kasir sudah mempertimbangkan tingkat keramaian dan waktu pelayanan kasir sehingga diharapkan terjadi peningkatan pelayanan terhadap pelanggan, dengan mengetahui jumlah optimal kebutuhan karyawan , memungkinkan perencanaan recruitment karyawan yang lebih baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 16 Jul 2014 02:28
Last Modified: 16 Jul 2014 02:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19897

Actions (login required)

View Item View Item