Perancangan Algoritma Penjadwalan Proses Produksi Kaleng di PT. Sinar Djajacan

Pasetyo, Yunita (2001) Perancangan Algoritma Penjadwalan Proses Produksi Kaleng di PT. Sinar Djajacan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_1518_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_1518_Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136314

Abstract

PT. SINAR OJAJACAN adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan kaleng, antara lain kaleng makanan (food can), kaleng minuman (beverage can), kaleng cat (paint can), kaleng bertekanan udara (aerosol can), kaleng biskuit bulat (routine), kaleng persegi (rectangular can) dan sebagainya. Sistem manufaktur yang diterapkan adalah job order yaitu perusahaan berproduksi sesuai dengan pesanan konsumen, tetapi pada dasarnya urutan proses produksinya sama yaitu menurut pola aliranjlow shop. Penjadwalan yang dipakai perusahaan hanya berdasarkan prinsip First Come First Serve. Penentuan due date setiap order ditentukan sesuai kesepakatan perusahaan dan konsumennya. Dalam penentuan due date tersebut perusahaan akan memperkirakan waktu produksi sesuai jumlah order yang diterima dengan algoritma yang berdasar prinsip First Come First Serve. Namun dalam kenyataan yang dialami adalah erusahaan mengalami kesulitan dalam memperkirakan waktu produksinya sehingga sering mengalami keterlambatan dalam memenuhi permintaan konsumen. Mengatasi kondisi tersebut pada tugas akhir ini dirancang suatu alternatif pembuatan jadwal bam dengan perkiraan waktu produksi dapat lebih akurat menggunakan algoritma yang berdasar kepada prinsip Earliest Due Date. Diharapkan dengan adanya penjadwalan yang baru perusahaan dapat mengurangi jumlah job yang terlambat sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, serta dapat menentukan waktu transfer antar mesin dengan lebih tepat karena selama ini waktu transfer antar mesin yang dilakukan hanya berdasar perkiraan perusahaan. Melalui penjadwalan bam yang diterapkan pada order bulan Juli, Agustus dan September dapat mengurangi jumlah job yang terlambat (number of tardy job) dari semula 3 job menjadi 1 job dan mengurangi waktu keterlambatan maksimum (maximum lateness) dari semula 4 hari menjadi 2 hari.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 16 Jul 2014 04:12
Last Modified: 16 Jul 2014 04:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19914

Actions (login required)

View Item View Item