Analisis Efektivitas Media Iklan Terhadap Brand Image Rokok Marlboro di Televisi

Karundeng, Edwin (2001) Analisis Efektivitas Media Iklan Terhadap Brand Image Rokok Marlboro di Televisi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_1527_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_1527_Abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136319

Abstract

Perkembangan industri rokok sekarang ini semakin pesat ditandai dengan emakin banyaknya rokok yang beredar di pasar dengan berbagai rasa, mutu, kuran, merek, dan harga. Keadaan ini menimbulkan persaingan yang semakin etat di antara produsen rokok dalam merebut konsumen. Di lain pihak, konsumen emakin kritis dalam melakukan pemilihan dan pembelian produk rokok. Oleh karena itu produsen dituntut untuk tidak saja mampu menjual roduknya, melainkan juga harus mengetahui pemasaran yang terbaik dan efektif ke pasar yaitu tidak terlepas dari keterlibatan iklan. Media yang paling tepat dan efektif adalah televisi, karena televisi enggabungkan unsur penglihatan, suara dan gerak, sehingga tidak bersifat onoton, dan mampu menjangkau masyarakat lebih luas. Di antara begitu banyaknya perusahaan rokok di Indonesia salah satunya ang terkenal adalah Marlboro. Iklannya dalam bentuk film dengan atribut oboinya The American Lifestyle sudah menjadi aikon yang mendukung persepsi an demand yang terbentuk dari produk ini. Koboi, aktivitas berat dan etualangan yang digunakan pada iklan Marlboro sudah melekat kuat di mata asyarakat dunia dan mempunyai identitas yang jelas sebagai rokok pria yang askulin/macho. Penayangan iklan yang tepat akan menopang terbentuknya citra merek ang positif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket kuesioner epada konsumen yang pemah melihat iklan Marlboro di televisi baik yang ebelumnya belum pernah mencoba dan yang sudah pemah mencoba rokok arlboro. Bersamaan dengan ini, timbul pertanyaan apakah ikln ·di televisi dapat ikatakan efektiflberhasil dalam menunjang kegiatan promosi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsumen Marlboro elah mampu untuk mengenal semua iklan Marlboro yang pemah ditayangkan elalui televisi. Dan iklan yang paling berkesan adalah iklan V (iklan terbaru). agian iklan yang paling tertarik adalah tema/cerita. Setelah melihat iklan onsumen memiliki image yang cukup tinggi terhadap rokok Marlboro sehingga onsumen yang sebelumnya belum pemah mencoba dan konsumen yang sudah emah mencoba terdorong untuk mencoba produk kembali. Sebaliknya untuk onsumen Marlboro yang tidak terdorong untuk mencoba baik yang sebelumnya elum pemah mencoba dan yang sudah pemah mencoba, hal ini dikarenakan onsumen memiliki image yang rendah terhadap rokok Marlboro. Dan untuk embantu proses perancangan ini dilakukan pengumpulan data mengenai data ntang demografi responden, perhatian dan pendapat responden terhadap iklan arlboro di televisi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 16 Jul 2014 07:44
Last Modified: 16 Jul 2014 07:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item