KUSNADI, MIQDAD ARATS (2014) Hubungan Antara Beban Kerja dan Self-Efficacy dengan Stres Kerja Pada Dosen Universitas X. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
S_350_Abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini, kondisi dosen sebagai pekerja sangatlah penting. Kenyamanan dalam bekerja merupakan hal terpenting dalam menciptakan kinerja dan hasil yang maksimal. Faktor yang dapat memengaruhi terjadinya stress kerja dapat dapat muncul dari faktor eksternal maupun faktor internal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya hubungan antara beban kerja dan self-efficacy dengan stres kerja, (2) mengetahui adanya hubungan antara beban kerja dengan stress kerja, (3) mengetahui adanya hubungan antara self-efficacy dengan stress kerja, dan (4) gambaran terkait beban kerja, selfefficacy, dan stress kerja yang dialami oleh dosen.Populasi penelitian ini adalah dosen dari 7 fakultas di Universitas X. Sampel penelitian berjumlah 90 subjek dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket beban kerja, selfefficacy, dan stres kerja. Hipotesis mayor penelitian diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hipotesis minor penelitian diuji dengan menggunakan analisis pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara beban kerja dan self-efficacy dengan stres kerja β = 0,647 (p<0,05). Terdapat juga hubungan positif antara beban kerja dengan stres kerja β = 0,782 (p<0,05) dan ada hubungan negatif antara self-efficacy dengan stres kerja β = -0,539 (p<0,05). Gambaran terkait tiga variabel yaitu mayoritas dosen merasakan tingkat beban kerja dan stress kerja yang rendah serta tingkat self-efficacy yang dimiliki berada pada tingkat tinggi. Kesimpulan penelitian ini menemukan bahwa bukan hanya faktor eksternal yang dapat memengaruhi stress kerja namun juga dapat dipengaruhi oleh faktor internal. Dari hasil yang didapat telah diketahui bahwa perlunya perhatian dari pihak universitas terhadap dosen-dosen penting adanya. Hal ini dikarenakan agar kinerja dari dosen tetap maksimal. Disarankan juga kepada dosen untuk memperhatikan kondisi fisik dan psikologis dengan cara rutin berolahraga dan lebih menyikapi positif terkait dengan kondisi kerja sebagai dosen. Hal ini diperlukan mengingat hasil dari aspek physical demand dan temporal demand menunjukkan bahwa cukup banyak aktivitas fisik yang diperlukan untuk mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan, serta cukup besarnya tekanan yang dirasakan oleh dosen
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Efficacy |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 07:59 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 08:18 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20008 |
Actions (login required)
View Item |