Studi Deskriptif Lovemarks Apple Menurut Persepsi Konsumen di Surabaya

Santoso, Cindi (2010) Studi Deskriptif Lovemarks Apple Menurut Persepsi Konsumen di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4906_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4906_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154936

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis membuat banyak perusahaan bersaing dan melakukan segala cara agar pelanggan selalu mencapai tahapan loyal. Namun, loyalitas terhadap merek sudah tidak cukup dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin besar dan kreatif, serta konsumen yang semakin kaya akan informasi dan cerdas dalam mengambil keputusan pembelian sehingga diperlukan sebuah langkah baru melebihi loyalitas, yaitu Lovemarks. Kevin Robert (2004), Lovemarks merupakan merek yang mempunyai karisma sehingga dicintai dan dilindungi oleh konsumen. Selanjutnya rasa cinta yang mendalam membentuk loyalitas yang begitu tinggi sehingga konsumen begitu setia. Lovemarks terjadi pada beberapa brand hebat, salah satunya adalah Apple. Apple merupakan perusahaan yang memproduksi notebook dan gadget berteknologi tinggi yang berasal dari California, Amerika Serikat. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai Lovemarks pada produk merek Apple di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset deskriptif pada Lovemarks Apple. Lovemarks dalam penelitian ini mencakup elemen Mystery, Sensuality, dan Intimacy. Target populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan produk merek Apple minimal selama 1 tahun dan telah memiliki minimal 2 produk Apple. Karakteristik populasinya adalah bertempat tinggal di Surabaya dan saat ini memiliki tingkat pendidikan terakhir adalah minimal SMA atau sederajat. Dari hasil pengolahan dan analisis data terhadap 100 responden, menunjukkan bahwa dari keseluruhan elemen Lovemarks, sensuality memiliki rata-rata tertinggi, lalu mystery dan yang terakhir adalah intimacy. Rata-rata ketiga elemen tersebut menunjukkan penilaian yang positif sehingga dapat dinyatakan bahwa elemen-elemen yang digunakan tersebut dinilai responden dengan baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Merek Dagang, Kecintaan Konsumen Lovemarks, Mystery, Sensuality, Intimacy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 22 Jul 2014 02:52
Last Modified: 22 Jul 2014 02:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20018

Actions (login required)

View Item View Item