Upaya Membangun Jejaring Bisnis Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur Periode Tahun 2010

PRASBOWO, ACHMAD PRIBADI (2011) Upaya Membangun Jejaring Bisnis Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur Periode Tahun 2010. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/226017

Abstract

Potensi UKM Jawa Timur ternyata cukup besar dan mampu menopang ekonomi Jawa Timur, baik pada sektor pertanian, pertambangan, industri, pengolahan, perdagangan maupun jasa-jasa. Sebagian dari UKM masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan modal, kesulitan pemasaran, keahlian yang terbatas, belum memenuhi standar produk, dan kurang menarik desain kemasan. Penelitian ini di dasarkan pada fenomena pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang masih menghadapi hambatan atau kendala, antara lain: kurangnya permodalan, kurangnya pelatihan, dan terbatasnya akses pasar. Dengan adanya hambatan atau kendala tersebut pada akhirnya belum dapat mendukung perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pembentukan produk nasional, peningkatan ekspor, perluasan kesempatan kerja dan berusaha, serta peningkatan dan pemerataan pendapatan. Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan cara observasi, penggunaan arsip dan dokumentasi foto Usaha Kecil Menengah Jawa Timur. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Penelitian ini dilakukan atas dasar semakin maraknya UKM yang muncul di wilayah Jawa Timur pasca krisis ekonomi yang melanda Indonesia. Pada saat krisis terjadi, UKM terbukti mempunyai daya tahan tinggi terhadap krisis, karena itu tidaklah mengherankan jika kemudian banyak pihak yang berpaling pada upaya pengembangan jejaring bisnis UKM dan menjadi primadona serta salah satu pilar ekonomi Indonesia. Dalam skripsi ini dibahas bagaimana kondisi UKM di Jawa Timur, bagaimana jejaring UKM di sektor primer, dan sistim akuntansi UKM, serta pemasaran UKM dan upaya pemberdayaan UKM yang dilakukan oleh Pemerintah Jawa Timur termasuk faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan UKM di Jawa Timur. Pemerintah bersama pihak diluar pemerintah, yang mempunyai kepedulian terhadap pengembangan UKM bekerjasama untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan UKM agar usahanya bisa berkembang. Programprogram bantuan ini meliputi bantuan Kredit Usaha Kecil (KUK), pelatihan dan pembinaan aspek produksi dan aspek pemasaran UKM, pendampingan dan perlindungan hukum melalui pembuatan kebijakan yang berpihak pada usaha kecil menengah. Produk yang dihasillan UKM sangat beragam dan memiliki pasar yang cukup baik, bahkan sebagaian mampu menembus pasar internasional. Aneka produk yang dihasilkan UKM di Jawa Timur, antara lain alas kaki, furniture, kerajinan kerang, produk berbahan kulit, bordir, sarang burung wallet, jamu, dan lain-lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kredit Usaha Kecil, Jejaring Bisnis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 05 Aug 2014 07:02
Last Modified: 05 Aug 2014 07:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20073

Actions (login required)

View Item View Item