Studi Deskriptif Supplementary Service pada Erha Clinic Surabaya Berdasarkan Persepsi Pelanggan

Kareho, Maria Meisilia (2010) Studi Deskriptif Supplementary Service pada Erha Clinic Surabaya Berdasarkan Persepsi Pelanggan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4858_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4858_Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132774

Abstract

Pada masa lalu perusahaan cenderung kurang memperhatikan kepuasan pelanggan. Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi membuat perusahaan-perusahaan pesaing mulai bermunculan. Hal ini membuat perusahaan memikirkan kembali strategi untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Salah satu strategi perusahaan adalah dengan memberikan manfaat yang lebih dengan memberikan jasa pelengkap yang lain (supplementary service). Usaha pemberian jasa pelengkap (supplementary service) ini merupakan usaha dari perusahaan dalam menciptakan nilai tambah demi kepuasan pelanggan dan juga sebagai pembeda atau sarana diferensiasi dari perusahaan – perusahaan yang sejenis yang banyak bermunculan. Supplementary service adalah elemen jasa yang melengkapi penyampaian jasa inti yang bertujuan menambah nilai dan memberikan keunggulan bersaing produk inti. Supplementary service diukur melalui elemen fasilitating supplementary service yang terdiri dari (a) information, (b) order-taking, (c) billing, (d) payment, dan enhancing supplementary service yang terdiri dari (a) consultation, (b) hospitality, (c) save-keeping dan (d) exception. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan supplementary service yang dirasakan pelanggan Erha Clinic Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif murni sehingga diperoleh gambaran mengenai supplementary service yang dirasakan oleh Erha Clinic Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa supplementary service yang diberikan oleh Erha Clinic Surabaya telah dirasakan dengan baik oleh pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai mean yang cukup tinggi terhadap masing-masing elemen.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Supplementary Service, Persepsi Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 06 Aug 2014 07:08
Last Modified: 06 Aug 2014 07:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20097

Actions (login required)

View Item View Item