Studi Eksplorasi Service Convenience Hotel Shangri-La di Surabaya

Sumardi, Ricky Natanael (2010) Studi Eksplorasi Service Convenience Hotel Shangri-La di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4887_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4887_Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133201

Abstract

Penyajian layanan yang memberikan kenyamanan dipertimbangkan sebagai suatu strategi untuk sukses dan tetap hidup dalam lingkungan persaingan saat ini. Layanan adalah suatu kegiatan yang memberikan manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual ke konsumen. Kualitas layanan memiliki peran yang sangat penting bagi kesuksesan bisnis jasa. Dalam bisnis jasa, interaksi konsumen dengan penyedia jasa sangat tinggi, mengingat pada sebagian besar bisnis jasa, pelanggan dituntut keterlibatan dan partisipasinya dalam proses produksi dan konsumsi. Dengan demikian, pelanggan memiliki kesempatan untuk menilai secara kritis kualitas jasa yang disediakan. Pelanggan akan menilai kualitas pelayanan dengan membandingkan antara pelayanan yang diperoleh dengan pelayanan yang diharapkan. Karena itu, kualitas jasa memainkan peran penting dalam memberi nilai tambah terhadap pengalaman jasa secara keseluruhan. Namun selain kualitas layanan, alternatif strategi yang bisa digunakan untuk mempertahankan posisi dalam persaingan hotel berbintang adalah dengan memberikan layanan yang berkualitas kepada tamu, melainkan juga memberikan kenyamanan layanan (service convenience). Diantara beberapa hotel berbintang lima di Surabaya, Hotel Shangri-La adalah hotel berbintang lima yang sudah dikenal dan diakui di seluruh dunia karena jaringan hotel yang tersedia di hampir seluruh dunia, fasilitas yang memuaskan dan layanan yang baik. Hal ini dibuktikan dari berbagai penghargaan yang telah berhasil diterima oleh Hotel Shangri-La. Penelitian ini menggunakan lingkup bahasan pada service convenience Hotel Shangri-La menurut persepsi pelanggan di Surabaya. Parameter yang akan digunakan untuk meneliti service convenience adalah lima jenis service convenience, yaitu decision convenience, access convenience, transaction convenience, benefit convenience dan postbenefit convenience. Hasil wawancara dengan para responden menemukan bahwa Decision convenience Hotel Shangri-La dinyatakan dalam bentuk: proses reservasi yang mudah dan cepat. Access convenience Hotel Shangri-La dinyatakan dalam bentuk: proses check-in yang mudah dan cepat, serta kerja resepsionis yang cepat. Transaction convenience Hotel Shangri-La dinyatakan dalam bentuk: proses pembayaran yang mudah dan cepat. Benefit convenience Hotel Shangri- La dinyatakan dengan mudah menghubungi room service, room service cepat datang, room service cepat membersihkan kamar, dan melayani permintaan khusus. Post-benefit convenience dinyatakan dengan pengambilan bagasi yang mudah dan cepat.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: service convenience, decision convenience, access convenience, transaction convenience, benefit convenience, postbenefit convenience.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 07 Aug 2014 08:03
Last Modified: 07 Aug 2014 08:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20132

Actions (login required)

View Item View Item