Studi Eksploratori Faktor-faktor yang Mendorong Brand Switching Mobil Merek Jepang Lainnya Ke Mobil Merek Toyota di Surabaya

WONG, VONNY (2012) Studi Eksploratori Faktor-faktor yang Mendorong Brand Switching Mobil Merek Jepang Lainnya Ke Mobil Merek Toyota di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5122_Abstrak.pdf

Download (76Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227877

Abstract

Penelitian ini menginvestigasikan faktor-faktor yang menyebabkan konsumen mobil melakukan perpindahan merek dari mobil merek Jepang lainnya ke mobil merek Toyota. Perpindahan merek penting untuk di teliti karena perpindahan merek berakibat buruk pada hilangnya pelanggan yang sangat mempengaruhi kelangsungan perusahaan. Oleh karena itu perpindahan merek perlu dikaji oleh para pemasar yang tidak ingin kehilangan para pelanggannya. Faktor penyebab konsumen melakukan brand switching antara lain price, switching cost, loyalty program, behavioral factors, brand trust, reference group influences, service quality. Di tengah resesi ekonomi global saat seperti ini, angka penjualan mobil tetap menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Kenaikan penjualan ini disebabkan oleh persepsi masyarakat yang masih menganggap mobil sebagai alat transportasi yang penting bagi menunjang aktivitas sehari-hari. Konsumen dihadapkan pada berbagai macam pilihan mobil yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Mobil yang sebelumnya hanya sebagai alat transportasi, kini beralih fungsi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Sehingga tidaklah mengherankan jika jumlah mobil di Indonesia dari tahun ke tahun pun cenderung semakin meningkat Persaingan antar produsen mobil sesama Jepang pun berlangsung ketat. Produsen pun semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan mobil baru atau melakukan pengembangan terhadap mobil yang sudah ada. Seiring dengan perkembangan perekonomian yang semakin dinamis, yang ditandai dengan adanya perubahan-perubahan dalam dunia bisnis dan tingkat persaingan yang semakin meningkat, menyebabkan semakin banyak konsumsi mobil yang ditawarkan di pasar guna memenuhi kebutuhan konsumen. Sekarang Toyota berhasil menguasai pangasa pasar mobil di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya konsumen yang melakukan brand switching ke merek Toyota.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: brand switching, konsumen, switching cost
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 08 Aug 2014 06:39
Last Modified: 08 Aug 2014 06:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20142

Actions (login required)

View Item View Item