Pembuatan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Vendor Acara Pernikahan Menggunakan Metode Multi-Attribute Global Inference of Quality (MAGIQ)

GUNTORO, ROBBY SETIADI (2014) Pembuatan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Vendor Acara Pernikahan Menggunakan Metode Multi-Attribute Global Inference of Quality (MAGIQ). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_1689_Abstrak.pdf

Download (45Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236482

Abstract

Pernikahan merupakan suatu proses sakral yang berpengaruh dalam kehidupan manusia baik secara ekonomi, psikologis, sosial dan kesehatan. Dalam budaya Indonesia, pernikahan merupakan tradisi umum yang dilakukan dan disahkan secara hukum dan agama apabila seorang penduduk telah mencapai usia dewasa dan siap membina rumah tangga. Dalam memenuhi tradisi tersebut, persiapan pernikahan merupakan proses penting dalam tahap pernikahan. Selama proses persiapan pernikahan, pasangan perlu mencari informasi terkait hal-hal yang dibutuhkan dalam pernikahan nantinya. Hal yang dibutuhkan antara lain tempat acara, gaun dan make-up pengantin, katering untuk makanan dan minuman, undangan, souvenir, sampai foto dan video untuk dokumentasi acara. Informasi yang didapat akan dibandingkan dengan kebutuhan, budget yang dimiliki hingga konsep acara yang diinginkan. Informasi seputar persiapan pernikahan sangat beragam dan banyak vendor acara pernikahan yang menawarkan berbagai fasilitas dengan harga masing-masing. Pasangan perlu mengumpulkan informasi tersebut dengan cara mendatangi atau menghubungi vendor pernikahan terkait, bertanya kepada kerabat/teman yang memiliki informasi maupun mengunjungi pameran pernikahan. Proses pengumpulan informasi ini membutuhkan banyak waktu dan tenaga sehingga pasangan perlu mempersiapkan waktu dan tenaga khusus diluar kesibukan sehari-hari untuk persiapan pernikahannya. Aplikasi sistem pendukung keputusan (SPK) dibuat untuk membantu pasangan memperoleh informasi mengenai persiapan pernikahan sekaligus membandingkan informasi yang didapat dengan memperhatikan faktor-faktor penting yang diutamakan pasangan tersebut dalam pernikahannya. Informasi yang disediakan meliputi vendor tempat acara (venue), foto video, salon dan bridal, katering, undangan, souvenir dan hiburan acara (entertainment). Dari sekian banyak hal yang akan dipersiapkan dalam pernikahan, setiap pasangan memiliki kriteria utama masing-masing yang disesuaikan dengan budget pernikahan, sistem pendukung keputusan dapat membantu mengurutkan vendor yang sesuai dengan prioritas faktor pernikahan kebutuhan masing-masing pasangan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Metode MAGIQ, Bridal
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: KARYONO - 196022
Date Deposited: 22 Aug 2014 02:27
Last Modified: 22 Aug 2014 02:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20272

Actions (login required)

View Item View Item