Analisis Perilaku UD. Harapan Jaya dan Pemasoknya dalam Koperasi Mencapai Kinerja Sistem Pembelian Just in Time (JIT)

HARTONO, SILVIA YOENITA (2014) Analisis Perilaku UD. Harapan Jaya dan Pemasoknya dalam Koperasi Mencapai Kinerja Sistem Pembelian Just in Time (JIT). [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236679

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis tentang perilaku yang terjadi antara UKM dan pemasoknya dalam hubungan kooperasi untuk mencapai kinerja pembelian yang Just In Time (JIT). UKM yang menjadi obyek penelitian ini khusus pada jenis usaha dagang. UKM perlu membina hubungan yang kooperatif dengan pemasok untuk menyediakan bahan baku secara kontinyu, tepat, dan cepat. Dalam hubungan kooperasi terdapat peran perilaku yang menentukan kualitas hubungan tersebut. Perilaku tersebut meliputi saling ketergantungan, kepercayaan dan keselarasan tujuan. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara obyek studi secara langsung di lapangan (data primer). Penelitian dilakukan pada setting aktivitas kerja sehari-hari secara alami, dengan tidak mengubah desain dan lingkungan asal dengan intervensi minim. Untuk pemahaman mendalam dan aktual, data dibatasi hanya berfokus pada satu periode waktu saja yaitu tahun 2013. Untuk mendapatkan laba yang besar, UKM perlu meminimalisir biaya yang tidak perlu dalam kegiatan operasinya. Meminimalisir biaya yang seharusnya tidak dikeluarkan dalam ilmu ekonomi dikenal dengan konsep “Just In Time” (JIT). Penulis memilih UD. HARAPAN JAYA sebagai obyek penelitian. Sistem JIT akan tercapai apabila ada hubungan baik antara UKM dengan pemasok seperti halnya UD. HARAPAN JAYA dengan pemasoknya. Hubungan baik ini tercermin dari perilaku saling ketergantungan, kepercayaan dan keselarasan tujuan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Hubungan kooperasi, saling ketergantungan, kepercayaan, keselarasan tujuan, Just In Time (JIT), UKM.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 15 Sep 2014 08:44
Last Modified: 15 Sep 2014 08:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20701

Actions (login required)

View Item View Item