PENGARUH LAMA PENYIMPANAN EKSTRAK ETANOL 80% RIMPANG LENGKUAS MERAH (LANGUAS GALANGA (L.) STUNTZ) DALAM BENTUK EKSTRAK KENTAL DAN LARUTANNYA TERHADAP DAYA ANTIJAMUR PADA TRICHOPHYTON AJELLOI DAN PROFIL KOMPONEN MINY AK ATSIRINYA SECARA KLT-DENSITOMETRI

Wahjudi, Mariana and Aipassa, Imelda and ., Bertinessy and Palupi, Sajekti (2004) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN EKSTRAK ETANOL 80% RIMPANG LENGKUAS MERAH (LANGUAS GALANGA (L.) STUNTZ) DALAM BENTUK EKSTRAK KENTAL DAN LARUTANNYA TERHADAP DAYA ANTIJAMUR PADA TRICHOPHYTON AJELLOI DAN PROFIL KOMPONEN MINY AK ATSIRINYA SECARA KLT-DENSITOMETRI. In: Proseding Seminar Nasional Tumbuhan Obat Indonesia XXVI. Universitas Andalas dan Pokjanas, Padang, pp. 257-268.

[img]
Preview
PDF
Pengaruh Lama_Abstrak_2004.pdf

Download (701Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
pengaruh lama penyimpanan_2004.pdf

Download (3104Kb) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan tambahan selama penelitian dengan berbagai tanaman obat (Quisqualis indica, Curcuma xanthorrhiza dan Murraya paniculata) diketahui bahwa ekstrak etanol yang dilarutkan kembali dan disimpan pada umumnya mengalami penurunan daya antimikrobanya. Untuk lebih membuktikan fenomena tersebutdilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan daya antijamur terhadap Trichophyton ajelloi antara ekstrak etanol 80% rimpang lengkuas merah [Languas galanga (L.) Stuntz] yang disimpan dalam bentuk ekstrak kental dan yang disimpan dalam bentuk larutannya, dan untuk mengetahui perbedaan profil komponen minyak atsirinya secara krornatografi lapis tipis (KLT). Spektrofotodensitometri. Ekstrak kental rimpang lengkuas merah dibuat dengan cara perkolasi menggunakan etanol 80% sebagai larutan penyari. Larutan ekstrak etanol (baik yang disimpan maupun yang dibuat baru), diuji daya antijamumya tiap minggu selama empat minggu penyimpanannya dengan metode difusi agar menggunakan cylinder cup dan dilakukan juga KL T -nya. Hasil uji menunjukkan bahwa dengan semakin bertambahnya waktu penyimpanan, daya antijamur ekstrak etanol yang disimpan dalam bentuk ekstrak kental tidak berubah sedangkan yang disimpan dalam bentuk larutan menunjukkan adanya penurunan daya antijamur terhadap Trichophyton ajelloi. Hasil analisis KLT-Spektrofotodensitometri juga menunjukkan terjadinya perubahan komposisi kualitatif komponen penyusun minyak atsiri dari larutan ekstrak etanol selama penyimpanan larutan, yang diduga mempengaruhi daya antijamumya pada Trichophyton ajelloi.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: ekstrak etanol 80%, rimpang lengk.uas merah [Languas galanga (L.) Stuntz], pengaruh penyimpanan ekstrak etanol, daya antijamur terhadap Trichophyton ajelloi.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 25 Sep 2014 03:21
Last Modified: 25 Apr 2016 08:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20871

Actions (login required)

View Item View Item