Studi Pengaruh key Success Factor Terhadap Kemampulabaan PT. X Di Surabaya

Norhayati, Nora (1997) Studi Pengaruh key Success Factor Terhadap Kemampulabaan PT. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_981_Abstrak.pdf

Download (94Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153862

Abstract

Adanya kecenderungan-kecenderungan dalam badan usaha di Indonesia, dimana mereka hanya memusatkan perhatian mereka pada usaha untuk mencapai keuntungan setinggi-tingginya. Usaha yang mereka lakukan itu pada umumnya hanya memperhatikan biaya produk yang mereka peroleh. Pada masa persaingan yang semakin ketat ini, setiap badan usaha dituntut untuk memiliki suatu keunggulan diferensiasi yang dapat dijadikan sebagai senjata tambahan untuk menghadapi pesaing-pesaing mereka. Persaingan semakin semarak dengan masuknya pasar luar negeri ke dalam pasar dalam negeri kita. Untuk dapat bertahan dan bersaing dalam persaingan lokal maupun intemasional, kita perlu memperhatikan banyak hal Satu hal yang paling banyak mendapat perhatian adalah masalah biaya produk dan kualitas produk. Faktor biaya dan kualitas produk dapat disebut sebagai Key Success Factor yang memegang peranan penting dalam menunjang kesuksesan pencapaian tujuan badan usaha. Key Success Factor merupakan variabel-variabel dalam lingkungan badan usaha baik eksterual maupun internal• yang mempengaruhi kesuksesan badan usaha, yaitu kesuksesan dalam pencapaian tujuannya dengan penekanan pada variabel internal badan usaha. Key Success Factor ada yang dapat dikendalikan, ada yang tidak dapat dikendalikan. Umumnya Key Success Factor yang dipengaruhi oleh tindakan manajer badan usaha merupakan Key Success Factor yang dapat dikendalikan. Tetapi bukan berarti bahwa Key Success Factor tersebut dapat dikendalikan secara total, tetapi hanya bagian saja yang dapat dikendalikan yaitu yang berhubungan dengan faktor internal badan usaha. Sedangkan yang berhubungan dengan faktor eksternal tidak dapat dikendalikan. Dalam mengidentifikasikan Key Success Factor perlu dipertimbangkan faktor-faktor mana yang penting dan mana yang kurang penting dalam menunjang keberhasilan tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mernntuskan faktor mana yang penting, biasanya para manajer memutuskan berdasarkan pengalaman bertahun-tahun. Menurut Maciariello, Key Success Factor dapat diperoleh dari lima sumber, yaitu: industry characteristic, competitive strategy, environmental forces, significant problems dan functional issues. Manajer harus berhati-hati dalam menentukan Key Success Factor dan hams mempelajari, mengevaluasi dan menganalisis semua kenyataan yang ditemukan dalam badan usaha. Menurut Atkinson ada tiga jenis Key Success Factor, yaitu: cost, quality dan service. Biaya dapat mempengaruhi harga tergantung strategy generik yang dijalankan oleh badan usaha tersebut. Untuk strategi generic cost leadership, pengendalian biaya dapat menurunkan harga jual, sehingga badan usaha dapat lebih bersaing. Bila badan usaha menerapkan strategi generic differentiation, pengendalian biaya akan membuat badan usaha menikmati laba lebih banyak. Kualitas merupakan salah satu senjata kunci badan usaha untuk bersaing. Dan dalam setiap badan usaha perlu dilakukan peningkatan kualitas, untuk dapat memuaskan konsumen. Selain itu kualitas yang tinggi akan memberikan manfaat yang lain, yaitu produk/jasa yang dihasilkan mempunyai daya saing yang lebih tinggi. Dengan daya saing yang lebih tinggi maka pangsa pasar yang diraih akan lebih besar dan ini berpengaruh pada peningkatan laba badan usaha. Sedangkan service/jasa dapat memberikan suatu nilai pada produk kita. Bila suatu badan usaha yang telah menetapkan suatu Key Success Factor maka perlu dilakukan pangawasan dan pengendalian terus-menerus terhadap Key Success Factor tersebut. Key Success Factor dapat diidentifikasikan ulang apabila sudah tidak relevan dengan kondisi dan situasi badan usaha pada saat ini. Keunggulan pesaing dapat diperoleh dari positioning badan usaha dalam pasar. Sehingga dapat menghadapi kekuatan persaingan dan menarik pembeli. Menurot Porter, ada tiga macam pendekatan strategi generik yang dapat diterapkan untuk memperoleh keunggulau pesaing, yaitu: overall cost leadership, differentiation dan focus. Key Success Factor sering menentukan apakah badan usaha berhasil melaksanakan strategi biaya, diferensiasi atau fokus.Key Success Factor yang harus dimonitor dan dikendalikan juga berbeda, tergantung strategi generik yang dilaksanakan oleh badan usaha. Setelah Key Success Factor diidentifikasikan, langkah selanjutnya adalah penentuan ukuran-ukuran. Untuk pengukur Key Success Factor dapat digunakan ukuran-ukuran yang berupa: financial measure dan non financial measure. Tujuan yang hendak dicapai oleh setiap badan usaha tidak sama oleh karena itu Key Success Factor mereka juga berbeda-beda. Faktor-faktor dalam Key Success Factor ini menjadi fokus perhatian karena keberhasilan faktor-faktor ini akan menciptakan jangka panjang dan profitabilitas bagi suatu badan usaha. Key Success Factor merupakan faktor-faktor kunci kesuksesan badan usaha yang hams diperhatikan secara khusus. Bila badan usaha dapat mengindentifikasikan Key Success Factor dengan tepat, maka strategi planning yang dibuat dan dikembangkan akan menunjang keberhasilan badan usaha dalam mencapai tujuan badan usaha. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh Key Success Factor terhadap kemampulabaan PT "X" di Surabaya. Hal ini dilakukan agar PT "X" mengetahui dengan pasti mana yang merupakan Key Success Factor yang paling berpengaruh dan mana yang tidak. Sehingga PT "X" dapat mengambil tindak lanjut terhadap faktor-faktor dalam Key Success Factor tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 26 Sep 2014 07:34
Last Modified: 26 Sep 2014 07:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20929

Actions (login required)

View Item View Item