Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Merek Shampo Pantene di Surabaya

WAHYUPRAYITNO, ARNO (2014) Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Merek Shampo Pantene di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5478_Abstrak.pdf

Download (56Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236771

Abstract

Meningkatkan kesetiaan merek merupakan salah satu cara dari badan usaha untuk dapat bertahan hidup dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat. Kesetiaan merek adalah kecenderungan pelanggan yang mempunyai sikap positif terhadap suatu merek dan melakukan pembelian ulang terhadap merek tersebut secara berulang-ulang. Kesetiaan merek dapat dibentuk melalui kepuasan pelanggan yang didapat pada saat mengkonsumsi suatu produk. Kepuasan pelanggan timbul apabila produk yang dikonsumsi pelanggan sesuai dengan harapan pelanggan. Kepuasan pelanggan perlu ditingkatkan karena kepuasan pelanggan merupakan salah satu dasar kesetiaan pelanggan terhadap merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kesetiaan merek produk shampo Pantene di Surabaya. Penelitian ini menggunakan dua atribut untuk kepuasan pelanggan yaitu attribute related to the product dan attribute related to the purchase. Sedangkan kesetiaan merek menggunakan lima atribut yaitu behavior measures, switching costs, satisfaction, liking of the brand, dan commitment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode convenience sampling. Target populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah membeli dan menggunakan shampo merek Pantene. Karakteristik populasi adalah wanita, berdomisili di Surabaya, pendidikan terakhir minimal SMA, menggunakan produk shampo Pantene secara rutin selama 6 bulan terakhir. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap kesetiaan merek. Dalam hal ini pengaruh yang terjadi adalah positif. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan pada kesetiaan merek shampo Pantene di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Customer service, brand loyalty
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 16 Oct 2014 03:10
Last Modified: 16 Oct 2014 03:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21096

Actions (login required)

View Item View Item