Analisa Perilaku Konsumen dan Perbaikan Layanan Berbasis Kepuasan Pelanggan pada UD.Arthamira Sejahtera

Rinawiyanti, Esti Dwi and Meitha, Rosita and ZULKARNAEN, ANDY (2013) Analisa Perilaku Konsumen dan Perbaikan Layanan Berbasis Kepuasan Pelanggan pada UD.Arthamira Sejahtera. In: Seminar Nasional Terpadu Keilmuan Teknik Industri, 16 Maret 2013, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Analisa Perilaku Konsumen_Abstrak_2013.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] PDF
Analisa Perilaku Konsumen_2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196Kb) | Request a copy

Abstract

Perusahaan jasa menerapkan strategi pemasaran yang sedikit berbeda dengan perusahaan manufaktur, karena produk (jasa) yang ditawarkan dikonsumsi langsung oleh pelanggan. Strategi yang diterapkan seyogyanya berfokus pada pelanggan, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kemudian apa yang sudah diterima dan dirasakan oleh pelanggan perlu diukur untuk mengetahui apakah pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di industri jasa, UD. Arthamira Sejahtera perlu melakukan analisa perilaku konsumen untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari pelanggan, serta analisa kepuasan pelanggan, di mana hasil analisa tersebut akan digunakan untuk memperbaiki layanan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi perilaku konsumen, mengetahui variabel-variabel yang dipentingkan pelanggan dalam memilih bus pariwisata, serta mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan UD. Arthamira Sejahtera. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini maka dilakukan penyebaran kuisioner kepada 100 responden konsumen pengguna. Hasil kuisioner digunakan untuk analisa perilaku konsumen, yang meliputi faktor personal, sosial, dan psikologis. Selanjutnya analisa kepuasan pelanggan dilakukan dengan menggunakan analisa kuadran, yang menunjukkan variabel-variabel yang menjadi kelebihan dan kelemahan UD. Arthamira Sejahtera. Perbaikan layanan diprioritaskan untuk variabel-variabel yang terletak di kuadran IV karena variabel-variabel tersebut memiliki nilai kepentingan yang tinggi namun nilai kepuasannya rendah, yaitu lokasi kantor pemasaran yang terjangkau, penjemputan tepat waktu ke tempat berkumpul penumpang, dan sopir dan kernet yang ramah dan sopan. Dari hasil analisa kuadran selanjutnya dapat dirancang strategi perbaikan yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di masa yang akan datang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Bus Pariwisata, Perilaku Konsumen, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 24 Oct 2014 01:43
Last Modified: 24 Oct 2014 01:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21176

Actions (login required)

View Item View Item