Pengaruh Fashion Involvement, Hedonic Consumption Tendency dan Positive Emotion Terhadap Fashion-Oriented Impulse Buying Kalangan Remaja di Surabaya

KUSUMA, ARDIAN (2013) Pengaruh Fashion Involvement, Hedonic Consumption Tendency dan Positive Emotion Terhadap Fashion-Oriented Impulse Buying Kalangan Remaja di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5491_Abstrak.pdf

Download (432Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236867

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hubungan kausal (sebab-akibat) pengaruh fashion involvement terhadap hedonic consumption tendency kalangan remaja di Surabaya, melalui penelitian ini dapat dianalisis pula pengaruh fashion involvement dan hedonic consumption tendency terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, dan tt1juan lebih lanjut dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fashion involvement, positive emotion, dan hedonic consumption tendency terhadap impulse buying dalam konteks belanja pada produk pakaian yang dilakukan oleh para remaja di Surabaya. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 orang responden dengan karakteristik responden yang pemah melakukan pembelian impulsif minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir pada kategori produk pakaian, responden yang suka memakai pakaian yang sedang trend saat ini, responden yang pernah berbelanja pakaian di butik atau toko khusus fashion, responden yang pemah melakukan pembelian atas dasar kesenangan, responden berdomisili di Surabaya, responden berusia 18 sampai 24 tahun, dan responden minimal berpendidikan terakhir SMA. Penelitian ini dilakukan melalui pengambilan sample dengan metode non probability sampling dengan teknik convience sampling dan menggunakan skala pengukuran skala Iikert 7 point. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation .Model (SEM) dengan bantuan software Lisrel 8. 70. Untuk membuktikan hipotesis ketja yang diduga berpengaruh antara variabel fashion involvement, positive emotion, hedonic consumotion tendency, dan fashion-oriented impulse buying kalangan rem~ja di Surabaya maka uji yang digunakan adalah uji t dimana hipotesis dapat diterima apabila nilai t ~ I ,96. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa fashion involvement berpengaruh positif terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, fashion involvement berpengaruh posit if terhadap fashion-oriented impulse buying kalangan remaja di Surabaya, fashion involvement berpengaruh positif terhadap hedonic consumption tendency kalangan rem~ja di Surabaya, hedonic consumption tendency berpengaruh positif terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, hedonic consumption tendency berpengaruh positif terhadap fashion-oriented impulse buying kalangan remaja di Surabaya, dan positive emotion berpengaruh positif terhadap fashion-oriented impulse buying. ..

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: pembelian impulsif, keterlibatan fashion, konsumsi hedonis, emosi positif , kalangan remaja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 03 Nov 2014 02:45
Last Modified: 03 Nov 2014 02:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21253

Actions (login required)

View Item View Item