PEMBENTUKAN TUNAS ADVENTIF DARI DAUN TANAMAN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.) : SEBUAH PENELITIAN PEDAHULUAN

Savitri, Wina Dian (2014) PEMBENTUKAN TUNAS ADVENTIF DARI DAUN TANAMAN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.) : SEBUAH PENELITIAN PEDAHULUAN. In: Seminar Nasional bioteknologi 2014: Biotechnological approaches to blue economy implementation, 27-28 Februari 2014 , Universitas Surabaya. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Savitri_Pembentukan Tunas_Abstrak__2014.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstract

Mahkota dewa dikenal sebagai tanaman asli Indonesia. Pemanfaatannya dalam bidang medis telah banyak diungkap oleh para ilmuan, antara lain bahwa tanaman ini memiliki aktivitas anti-kanker, anti-histamin, anti-oksidatif dan lain-lain. Semua bagian tanaman ini, mulai dari kulit batang, daun dan kulit buahnya telah diketahui mengandung zat-zat dengan aktivitas yang bermanfaat tersebut. Upaya perbanyakan tanaman dilakukan untuk menyediakan jumlah yang memadai sebagai sumber bahan obat herbal dalam bidang medis, serta untuk mencegah tanaman ini dari kepunahan. Kebanyakan dari penelitian kultur jaringan tanaman selama ini hanya berfokus pada upaya pembentukan kalus dan pembentukan tunas secara tidak langsung. Belum pernah dibahas mengenai perbanyakan tanaman melalui organogenesis langsung (direct organogenesis), khususnya melalui pembentukan tunas adventif secara in vitro. Penelitian pendahuluan ini menggunakan berbagai pendekatan untuk mengungkap metode yang paling efektif untuk menumbuhkan tunas adventif secara langsung (tanpa melalui fase kalus) dari eksplan daun. Diantaranya adalah dengan menggunakan zat pengatur tumbuh 2,4- D dan BAP; NAA dan BAP; 2,4-D dan Kinetin, atau TDZ saja dan BAP saja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: mahkota dewa, organogenesis langsung, tunas adventif, zat pengatur tumbuh
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 04 Nov 2014 03:32
Last Modified: 04 Nov 2014 03:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item View Item