Pengaruh Dimensi Service Quality Terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction Supermarket Super Indo Satelit Utara di Surabaya

Soemenap, Billy (2014) Pengaruh Dimensi Service Quality Terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction Supermarket Super Indo Satelit Utara di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5483_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5483_Abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236809

Abstract

Pada era moderen saat ini, dimana persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, salah satunya adalah bisnis ritel. Perusahaan dituntut untuk bisa mempertahankan pelanggannya dan mempunyai daya saing dibandingkan dengan kompetitornya. Oleh karena itu meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan service quality yang lebih baik dari kompetitor akan membantu perusahaan dalam membedakan penawarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap repurchase intention dan positive word of mouth (p-WOM) melalui customer satisfaction di Supermarket Super Indo Satelit Utara di Surabaya. Data diperoleh melalui riset 165 pelanggan Super Indo Satelit Utara yang setidaknya berbelanja minimal tiga kali dalam tiga bulan terakhir dan pernah merekomendasikan Super Indo Satelit Utara kepada orang lain, dan data dianalisis menggunakan SEM dengan software Lisrel versi 8.70. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tangibles, reliability, responsiveness, dan empathy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction Supermarket Super Indo Satelit Utara. Sedangkan assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction Supermarket Super Indo Satelit Utara. Variabel customer satisfaction akan membentuk customer loyalty berupa repurchase intention dan positive word of mouth (p-WOM) pada Supermarket Super Indo Satelit Utara.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: customer satisfaction and business results
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2014 04:46
Last Modified: 05 Nov 2014 04:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21317

Actions (login required)

View Item View Item