Studi Perbedaan Pendapatan Usaha dan Controllable Expenses Sebelum dan Sesudah Penggunaan Electronic Data Interchange pada PT Indo Sentosa Tour di Surabaya

., Valentine (2000) Studi Perbedaan Pendapatan Usaha dan Controllable Expenses Sebelum dan Sesudah Penggunaan Electronic Data Interchange pada PT Indo Sentosa Tour di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1448_Abstrak.pdf

Download (83Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153363

Abstract

Seiring dengan persaingan yang semakin kompetitif dan global, badan usaha dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing dalam mempertahankan eksistensinya dalam kancah persaingan. Banyak cara yang ditempuh badan usaha untuk tetap bersaing dengan pesaingnya, antara lain menekan biaya, melakukan diferensiasi produk, memberikan layanan dengan lebih baik maupun menggunakan teknologi yang lebih canggih, khususnya teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi di dunia sekarang ini berkembang dengan pesat, sehingga badan usaha yang ingin menerapkannya harus dapat memilih teknologi informasi yang tepat bagi badan usahanya. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang menarik perhatian yaitu Electronic Data Interchange, sebagai salah satu wujud perkembangan teknologi informasi yang dapat mendobrak business barriers, yang mengutamakan pemrosesan secara otomasi yang informasinya dapat dieksekusi kapan saja karena sistem bekerjanya secara online dan real time processing system. Informasi yang diperoleh dengan penerapan teknologi informasi ini dapat dihasilkan dengan lebih cepat sehingga badan usaha dapat merespon customer dengan cepat pula. Penerapan Electronic Data Interchange secara tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi badan usaha baik strategic benefits, operational benefits maupun opportunity benefits, akan tetapi juga tetap mengikuti perkembangan teknologi informasi yang ada untuk mencegah kemungkinan yang dapat mengganggu eksistensi badan usaha dalam kancah bisnisnya. Manfaat yang bisa diperoleh dari penerapan Electronic Data Interchange diantaranya yaitu faster trading cycle yang ditunjukkan dengan penurunan average response time per customer, jumlah customer yang dapat dilayani oleh badan usaha semakin banyak, pengurangan tingkat terjadinya kesalahan apabila dibandingkan dengan sistem pemrosesan secara manual, dan masih banyak lainnya yang dapat membina hubungan yang baik dengan trading partners dan customers, sehingga customers merasa puas akan layanan yang diberikan badan usaha kepadanya. Kepuasan customer ini berdampak peningkatan penjualan yang akhimya dapat meningkatkan pendapatan usaha dan laba badan usaha, serta meningkatkan efisiensi dan profitabilitas badan usaha yang memungkinkan badan usaha untuk mengembangkan penerapan Electronic Data Interchange ini ke jenis transaksi yang lain, yang pada akhimya untuk mencapai tujuan badan usaha yaitu memperoleh competitive advantages.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 22 Dec 2012 02:21
Last Modified: 20 May 2014 07:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item