Immobilisasi BSA pada Sensor QCM dengan Modifikasi Sifat Hidrofobik-Hidrofilik Permukaan Polistiren Menggunakan Radiasi Ultraviolet (UV)

lrawati, Fenny and Sakti, Setyawan P. and P.J., Unggul and ., Aulanni'am (2013) Immobilisasi BSA pada Sensor QCM dengan Modifikasi Sifat Hidrofobik-Hidrofilik Permukaan Polistiren Menggunakan Radiasi Ultraviolet (UV). Natural B : Jurnal Lingkungan dan Kesehatan, 2 (2). pp. 117-121. ISSN 2088-4613

[img]
Preview
PDF
Immobilisasi BSA_Abstrak_2013.pdf

Download (836Kb) | Preview
Official URL: http://goo.gl/Szqnyq

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan optimalisasi proses immobilisasi BSA (Bovine Serum Albumin) pad a sensor QCM dengan memodifikasi sifat hidrofobik-hidrofilik permukaan polistiren menggunakan radiasi ultraviolet (UV). Elektroda perak sensor QCM dilapisi dengan larutan polistiren menggunakan teknik spin coating. Sensor dengan lapisan polistiren dioven sampai mencapai suhu 200 °C lalu diradiasi dengan sinar ultraviolet. Permukaan sensor ditetesi dengan 30 11L aquades dan diamati besar sudut kontak yang terbentuk. Hasil pengamatan terhadap sudut kontak menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan sifat hidrofobik menjadi lebih hidrofilik pada permukaan sensor yang diradiasi dengan UV. Immobilisasi BSA dilakukan dengan menginjeksikan larutan BSA pada permukaan sensor. Dari percobaan didapatkan bahwa basil immobilisasi terbaik diperoleh pada sensor dengan permukaan tanpa radiasi UV. Hal ini menunjukkan bahwa immobilisasi BSA pada permukaan terjadi karena gaya hidrofobik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: QCM, modifikasi, ultraviolet, sudut kontak, immobilisasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 17 Nov 2014 07:53
Last Modified: 18 Nov 2014 08:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21475

Actions (login required)

View Item View Item